alexametrics

APP Sinar Mas Peduli Asap

Ratusan Warga Diperiksa dan Berobat Gratis

loading...
Ratusan Warga Diperiksa dan Berobat Gratis
Ratusan warga sekitar Kelurahan Talang Jambe Sukarami Palembang mendapatkan layanan gratis pengobatan akibat kabut asap, yang merupakan program CSR Sinar Mas, di Kantor Lurah Talang Jambi Palembang, kemarin.
A+ A-
PALEMBANG - Silih berganti ra tusan warga mendatangi Kantor Lurah Talang Jambe, Kecamatan Sukarami, kemarin pagi. Mereka memanfaatkan bantuan pemeriksaan dan pengobatan gratis yang digelar SinarMas bersama pilar usahanya di bidang pulp dan kertas, A sia Pulp & Paper (APP) dan Eka Hos pital.

Nuraidah, 55, warga Jalan AMD Sugiwaras mengatakan, sejak lama ing in memeriksakan kesehatan karena mulai batuk sejak sepekan terakhir akibat kabut asap. “Informasi dapat dari Ke tua RT dan menyebar ke seluruh warga sehing ga sejak pagi sudah ramai. Rata-rata ingin tahu apakah sud ah ter kena ISPA atau belum. Ketika tahu diberikan obat dan masker, saya pun mengajak tetangga datang ke sini,” katanya di lokasi pe - ngobatan kemarin.

I bu rumah tangga ini me - ngatakan, layanan seper ti ini sangat dibutuhkan warga ka re - na relatif mudah dijangkau meng ingat dilaksanakan di se - kitar pemukiman warga. “K alau mau (berobat) ke Puskesmas bisa juga. Tapi jika ada layanan seperti ini lebih mud ah, tidak perlu pergi jauh-jauh. Apalagi di layanan ini sudah lengkap, ada dokter dan perawat , serta di be r i - kan obat dan masker,” tu turnya.



Sementara itu, Manager Cor - porate Governance & Social Responsibility APP Indonesi a Diar Primalembana me nga ta - kan, kegiatan ini serentak di lak - sa na kan di tiga tempat yaitu Ta - lang Jambe, Palembang dan Desa Bukit Batu serta Desa Sungai Baung di OKI, 16-20 September 2015.

Se be lum nya, kegiatan se - r u pa telah di lak sa nakan di tiga kecamatan dalam Provinsi Ri au mulai 11 Sep tember hingga 15 Sep tem ber lalu.“Kegiatan ini bu - kan hal baru, sebab tahun lalu su - dah pernah ju ga dilaksanakan. R a ta-rata se tiap lokasi per-ha ri - nya ada 100 orang yang meng ak - ses layanan kesehatan g ratis ini,” kata Diar.

Sementara itu Direktur APP - Sinar Mas Suhendra Wi ria di - na ta mengatakan, pihaknya berharap program yang dila ku - kan ini dapat membantu dan me ringankan beban ma sya ra - kat yang terkena dampak dari ka but asap. Menurut Suhendra, selain meng gelar layanan kesehatan gratis, dukungan pencegahan serta pengendalian kebakaran hutan dan lahan (K arhutla) yang dilakukan APP – Sinar Mas sangat serius.

Pihaknya me nye - diakan antara lain, 2 unit he li - kop ter, alat berat untuk mem - buat sekat api, pompa, memiliki 2.800 personel pemadam ke ba - kar an di seluruh areal konsesi, ber sama masyarakat mem ben - tuk barisan masyarakat peduli api (MPA) sejumlah 2.600 per - so nel dari 129 desa dengan di - lengkapi sistem komunikasi ter pa du, memberikan pe nyu - luh an, dan patroli bersama Pe - merintah Daerah, Kepolisian, TNI, Manggala A gni.

“Pence gahan dan pe nang gu - langan kebakaran tidak hanya kami lakukan di areal konsesi kami, tetapi juga kami lakukan pe madaman sampai dengan radius 5 km dari titik terluar areal konsesi,” terang Su hen dra. Suhendra menjelaskan, dalam memproduksi bubur kertas (pulp) dan kertas, kayu yang me - rupakan bahan utama pro duksi ha ru s di jaga keles ta r ian nya. Oleh karenanya , pe-ne rap an pengolahan lahan tanpa ba kar (zero burning policy) menjadi prio - r itas sejak awal berdirinya kon se - si kami.

Iwan setiawan
(bbg)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak