alexametrics

SAR Linmas DIY Berlatih Penanganan dan Penyelamatan

loading...
SAR Linmas DIY Berlatih Penanganan dan Penyelamatan
Sejumlah peserta latihan SAR tingkat lanjutan mendengarkan instruksi pelatih dalam latihan SAR se-DIY di hutan sekitar Waduk Sermo, Kokap, Kulonprogo, kemarin.
A+ A-
KULONPROGO - Tim Search and Rescue (SAR) DIY menggelar latihan pencarian dan penyelamatan korban, di kawasan hutan suaka margasatwa, sekitar Waduk Sermo, Kokap Kulonprogo.

Acara yang dilaksanakan empat hari ini, diikuti puluhan anggota SAR dari lima kabupaten/kota se- DIY. “Ada sekitar 30 personel SAR yang ikut dalam kegiatan ini,” ujar Staf Bidang Linmas Badan Kesbanglinmas DIY Fajar Haryono, kemarin. Pelatihan SAR darat lanjutan ini digelar selama empat hari, mulai Senin (14/9) lalu.

Peserta berasal dari SAR dari Pantai Sadeng dan Baron Gunungkidul, Pantai Parangtritis dan Samas Bantul, Kaliurang Sleman, Kota Jogja, serta Pantai Glagah dan Waduk Sermo Kulonprogo. “Pelatihan ini untuk memberikan pengetahuan, kemampuan, dan keterampilan bagi anggota SAR Satlinmas DIY dalam melakukan pencarian dan penyelamatan korban jiwa maupun harta benda dalam suatu musibah atau bencana,” katanya.



Materi pelatihan dilakukan cukup lengkap. Mulai dari navigasi darat, pertolongan pertama pada gawat darurat (PPGD) dan evakuasi, vertical rescue, serta survival. Koordinator Instruktur Latihan, Anang Ananto Prayitno mengatakan, dalam latihan lanjutan ini para peserta diberikan 90% praktik, sedangkan 10% teori dan evaluasi. Pada penyelenggaraan selama empat hari, hari pertama berupa pemberian materi teori, kemudian dilanjutkan di lapangan.

“Di lapangan praktik semua, satu per satu mencoba, juga tidur bermalam. Setelah selesai baru kembali ke barak,” tuturnya. Sebelumnya, para peserta ini telah mengikuti pelatihan dasar. Dalam pelatihan ini juga ada simulasievakuasikorbandidarat dengan tandu darurat maupun tandu fix.“Inisangat bermanfaat untuk menambah pengalaman dankemampuandibidangSAR,” kata Rimbi Dwi Munandar salah seorang peserta.

Kuntadi
(bbg)
preload video
loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak