alexametrics

Pesawat Latih Grob Meriahkan HUT ke-70 TNI

loading...
Pesawat Latih Grob Meriahkan HUT ke-70 TNI
Delapan pesawat latih Grob TNI AU membentuk formasi zero (angka nol) saat latihan persiapan HUT ke-70 TNI, di Lanud Adisutjipto, kemarin. Pesawat-pesawat tersebut akan beraksi pada 5 Oktober mendatang di Jakarta.
A+ A-
SLEMAN - Pesawat latih Grob yang tergabung dalam Grob Team Aerobatic TNI AU akan melakukan atraksi dengan membentuk formasi 70 pada saat perayaan HUT ke-70 TNI yang akan berlangsung di Jakarta, pada 5 Oktober mendatang.

“Un tuk Grob Team akan melibatkan delapan pesawat,” ung - kap Flight Leader Grob Team, Mayor Pnb Sukarno di sela-sela latihan formasi Grob Team di Lanud Adisutjipto, kemarin. Sukarno menjelaskan, Grob Team saat peringatan HUT TNI akan menampilkan formasi 70. Untuk itu, sebelum tampil me - re ka terus melakukan latihan, ba ik dalam membentuk formasi zero (0) maupun tujuh.

Untuk kepentingan tersebut, Grob Team juga akan melibatkan instruktur penerbang yang ada di Lanud Adisumarmo, Solo. “Untuk instruktur penerbang dari Lanud Adisutjipto akan membentuk formasi zero, sedangkan untuk instruktur pe nerbang dari Lanud Adi su - mar mo membentuk formasi tujuh.



Formasi itu nantinya akan digabungkan dan membentuk angka 70,” paparnya. Menurut Sukarno, formasi tersebut merupakan bentuk ba ru yang diciptakan para instruktur, sekaligus rintisan pembentukan Grob Team. Gu - na mengasah keterampilan, Grob Team terus melakukan la - tihan di area Lanud Adisutjipto dan Pa rang tritis.

Kepala Penerangan dan Per - pus takaan (Kapentak) Lanud Adi sutjipto Yogyakarta Mayor Sus Hamdi Londong Allo me - nam bahkan, ada 16 instruktur yang terlibat dalam Grob Team tersebut. Mereka di antaranya, Ma yor Pnb Sukarno dan Kpt Pnb Yudistira yang menggunakan pesawat 03, sedangkan, Kpt Pnb Ferdian Habibi dan Kpt Pnb Basori menggunakan pesawat 16.

Kpt Pnb Ageng dan Mayor Pnb Heru mengguna - kan pe sa wat 18, “Latihan ini di - pimpin Mayor Pnb Sukarno, de ngan ke tinggi an 1.000 feet dan ke ce patan angin 8-12 knot,” ka tanya. Selain Grob Team, TNI AU juga telah memiliki Jupiter Aero batic Team (JAT), yaitu tim aerobatik yang memakai pe sa - wat latih KT-IB Woong Be bu at - an Korea.

Kemampuan JAT sen diri sudah tidak perlu dira - gu kan. Bahkan keberadaannya te - lah diakui dunia internasional. Terbukti JAT sering kali diundang untuk mengikuti kegiatan dirgantara di beberapa negara. Terakhir JAT beraksi di Lang - kawi Airshow Malaysia.

Priyo setyawan
(bbg)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak