alexametrics

Relokasi Warga

Minta Rusunawa Sadang Serang Layak Huni

loading...
Minta Rusunawa Sadang Serang Layak Huni
Pekerja menyelesaikan perbaikan di Rusunawa Sadang Serang, Jalan Sadang Serang, Kota Bandung, kemarin. Akhir September nanti rusunawa ini mulai ditempati warga.
A+ A-
BANDUNG - Warga bantaran Sungai Cikapundung, Jalan Siliwangi, RT 05/01, Kelurahan Hegar manah, Kecamatan Cidadap meminta agar Rusu nawa Sadang Serang siap di tempati.

Rusunawa itu nantinya akan dijadikan sebagai tempat re lokasi warga terdampak proyek pembangunan Amp - hit heater Cikapundung. Saat ini, sejumlah perbaikan masih dilakukan, se men tara di sisi lain pada akhir September warga sudah harus menem - pati rusunawa. Berdasarkan pantauan KORAN SINDO, para pekerja tampak masih melakukan pengerjaan di bagian sayap utara dan selatan bangunan Rusunawa.

Sebagian besar pe - ngerjaan yang dilakukan yakni meliputi pengecatan dan se - jumlah perapihan be berapa bagian bangunan. Salah seorang perwakilan warga Dedi Muyono menga - takan, pihaknya meminta Ru - sunawa Sadang Serang yang dijadikan sebagai tem pat rel o - kasi warga benar-benar siap huni.



Sehingga saat war ga - pindah ke rusunawa, siap un - tuk ditempati. “Karena saya terakhir ke rusunawa pada Kamis pekan la lu, itu belum siap. Masih ada perbaikan-perbaikan. Tapi kemarin pemkot bi - lang katanya surat layak huni. Ya kami pengennya sesuai de - ngan layak huninya itu, jangan masih pengerjaan-penger ja - an. Kami minta diberesindulu,” ujar Dedi kemarin.

Selain itu, kata Dedi, pi - haknya juga meminta aparat ke wilayahan berkoordinasi de ngan warga di sekitar rusu - nawa. Hal ini setidaknya untuk memberitahukan bahwa ada warga yang akan menempati rusunawa. Menurut Dedi, saat in i wa r - ga sedang mengurus pem ber - kasan terkait rencana ke pin - dahan Rusunawa Sadang Se - rang.

Pasalnya, dengan kepin - dahan ke Rusunawa Sadang Serang, secara otomatis anakanak yang masih sekolah ha - rus ikut pindah lantaran jarak sekolah yang menjadi lebih jauh. Selain itu juga hampir sebagian be sar war ga mem - buka usaha di sekitar lokasi yang dperlu diperhatikan.

“Jadi untuk saat ini war - ga belum pindah, kare na ba - nyak yang masih diurus, ter - utama anak-anak yang masih sekolah. Belum lagi dengan pe - kerjaan warga yang mayoritas sebagai pedagang yang ber - jualan tak jauh dari lokasi. Jadi kami ingin beres dulu, setelah itu baru pindah,” kata pria yang mengaku telah tinggal 13 tahun di bantaran Sungai Ci - kapundung.

Sementara itu, Imam dari pihak kontraktor mengakui bahwa saat ini masih dilaku - kan perbaikan. Namun ditar - getkan pengerjaan perbaikan dapat rampung pada pekan ini. “Tinggal 20 persenan lagi un tuk pengecatan dan pe - rapihan perapihan. Itu yang masih be lum terselesaikan. Kalau di hitung-hitung masih sekitar 20 persenan lagi. Kalau air gak ada kendala,” katanya.

Menurut dia, di Rusunawa Sadang Serang unit yang ter - sedia berjumlah 99. Se belum - nya kata Imam, telah dilaku - kan untuk menentukan unit yang akan ditempati oleh warga Cikapundung. “Kemarin sudah ada un - dian di sini. Gak ada masalah untuk pengundian, Minggu depan sudah dapat diisi,” ka - tanya.

Sementara itu Kepala UPT Rusunawa Dinas Tata Ruang dan Cipta Karya Kota Ban - dung Lena Yuliati memas ti - kan, Rusunawa Sadang Serang dapat segera ditempati oleh warga bantaran Sungai Ci - kapundung. Menurut Lena nantinya war ga akan ditempatkan di area selatan bangunan. Pasal - nya baru area selatan saja yang sudah mendapatkan izin layak huni dari kementerian.

“War - ga akan ditempatkan di area selatan bangunan yang jum - lah nya ada 45 unit. Sementara untuk area utara masih me - merlukan izin dari kemen - terian. Pada bulan bulan ini izinnya keluar,” katanya. Lebih lanjut Lena me - mastikan bahwa segala kebu - tuhan warga di Rusunawa se - perti listrik, air dan kebutuhan lainnya sudah dapat dipenuhi. “Semua sudah siap digunakan, warga tinggal menempati,” tandasnya.

Dian rosadi
(bbg)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak