alexametrics

Beras Lokal Tidak Kalah dari Beras Bermerek

loading...
Beras Lokal Tidak Kalah dari Beras Bermerek
Konsumen dari luar Musi Rawas membeli langsung produk beras petani lokal di Kecamatan Tugumulyo, Kabupaten Mura, kemarin.
A+ A-
MUARABELITI - Beras petani lokal tidak kalah saingan dengan beras pabrikan. Setidaknya hal itu yang ingin dibuktikan petani padi di Kabupaten Musi Rawas.

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Kabupaten Mura, Heryanto melalui Kabid Produksi Pangan Tohirin mengatakan, saat ini sudah memasuki musim tanam ketiga. Walau di musim kemarau tapi tidak memengaruhi pasokan padi dan beras selama ini. Walaupun sempat ada kekha watiran 75 hektare lahan petani di dua wilayah terancam gagal panen,seperti di Keca matan Sumber Harta dan Terawas, tetapi hal itu tidak dikha - watirkan.

Untuk target produksi diprediksikan gabah kering tahun ini mencapai 272.937 ton. Namun pihaknya optimististarget tersebut tercapai, bahkan melebihi tahun sebelumnya. Mengenai beras lokal petani dapat bersaing dengan beras pabrikan, diakuinya bahwa beras yang dijual merupakan beras petani yang dibeli oleh pengusaha yang dikelola kembali dan dikemas dalam bentuk kemasan bermerek.



“Di sini terlihat bahwa beras yang ada merupakan beras petani yang telah dilakukan proses ulang kembali sehingga menjadi beras bermerek dan dikemas dalam bentuk yang bagus,” jelas Tohirin. Menurutnya, beras di tingkat petani memang tidak ada olahan khusus. Bahkan mereka menjual antarpetani dan masyarakat di sekitar penggilingan. Sehingga, produk beras yang ada tidak sempat di jual ke pasaran.

Oleh karena itu, tahun depan Dinas TPH akan melakukan launching beras merek Darussalam. Nantinya beras tersebut dijual dengan bermacam varian berdasarkan tingkatan kualitas mulai super, premium dan medium.

“Beras yang dihasilkan me rupakan b eras dari para petani lokal. Beras tersebut akan dipa sarkan ke warung waralaba dan masyarakat tidak lagi membeli beras pabrikan luar daerah, tetapi beras dari petani lokal,” jelas dia. Selain itu, pihaknya juga me - nyosialisasikan konsumsi beras lokal kepada masyarakat.

Hengky chandra agoes
(ars)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak