Dewan Minta Sosialisasi Wawasan Kebangsaan bagi Generasi Muda Digelar Rutin

Jum'at, 10 Maret 2023 - 13:33 WIB
loading...
Dewan Minta Sosialisasi Wawasan Kebangsaan bagi Generasi Muda Digelar Rutin
DPRD Kabupaten Kendal meminta kepada pemerintah daerah untuk rutin menggelar sosialisasi wawasan kebangsaan bagi masyarakat, khususnya bagi generasi muda.
A A A
KENDAL - DPRD Kabupaten Kendal meminta kepada pemerintah daerah untuk rutin menggelar sosialisasi wawasan kebangsaan bagi masyarakat, khususnya bagi generasi muda. Sosialisasi wawasan kebangsaan sangat penting dilakukan sebagai sebuah solusi atas berbagai masalah yang dihadapi bangsa ini.

Permintaan ini disampaikan Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Kendal Munawir saat menjadi narasumber sosialisasi wawasan kebangsaan yang digelar Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kendal di Gedung C Setda Kendal, Jumat (10/3/2023).

"Jangan sampai wawasan kebangsaan ini terputus generasi," katanya.

Munawir menegaskan, sosialisasi wawasan kebangsaan sangat perlu dilakukan untuk menumbuh-suburkan nilai-nilai kebersamaan dan saling menghormati satu sama lain. Selain itu, wawasan kebangsaan juga sangat penting untuk membangun karakter dan nilai ideologi bangsa dalam menciptakan persatuan dan kesatuan bangsa.

Dia membeberkan, tujuan digelarnya sosialisasi wawasan kebangsaan tak lain untuk menanamkan kembali pentingnya kesadaran berbangsa pada generasi muda dalam mencegah perpecahan dan konflik sosial.

Menurutnya generasi muda nantinya akan memegang estafet mengurus Indonesia menghadapi guncangan dan cobaan ke depan. "Paling tidak terdapat tiga hal yang perlu disiapkan oleh generasi muda yaitu etika, pengetahuan, dan tidak mudah menyerah," papar Politisi Partai PDI perjuangan ini.

Ditambahkan Munawir, pemahaman tentang Negara Kesatuan Republik Indonesia harus selalu dipelihara. Dirinya berharap para peserta sosialisasi dapat menggunakan kesempatan ini sebagai tempat untuk menimba ilmu khususnya dalam rangka memelihara keutuhan NKRI.

"Tidak semua masyarakat bisa hadir di ruangan ini. Jadi panjenengan yang hadir di ruangan ini adalah orang-orang pilihan, dari beberapa desa yang ada di Kabupaten Kendal. Kami berharap para peserta yang hadir, untuk dapat menularkan pengetahuannya terkait wawasan kebangsaan kepada peserta yang lain yang tidak dapat hadir saat ini," imbuhnya.

Sementara, Anggota Komisi A DPRD Kendal Rubiyanto menyampaikan, kegiatan wawasan kebangsaan ini sesuai dengan peraturan perundang-undangan dan juga meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap optimalisasi pengembangan nilai-nilai kebangsaan.

"Melalui pemanfaatan wawasan kebangsaan kita dapat menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, serta menguatkan rasa nasionalisme atau rasa kebangsaan dan cinta tanah air kita," tuturnya.
(ars)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1536 seconds (0.1#10.140)