Banyak Job Baru di Dunia Digital, Kominfo dan DPR RI Gelar Diskusi

Senin, 06 Maret 2023 - 18:19 WIB
loading...
Banyak Job Baru di Dunia Digital, Kominfo dan DPR RI Gelar Diskusi
Kominfo dan Komisi I DPR RI menyelenggarakan webinar Ngobrol Bareng Legislator (Ngobras) dengan tema Tren Pekerjaan di Dunia Digital pada 5 Maret 2023. (Ist)
A A A
BOGOR - Pekerjaan-pekerjaan baru mulai muncul dalam satu dekade ke belakang. Teknologi informasi dan komunikasi menuntut perubahaan signifikan dunia pekerjaan. Pandemi Covid-19 turut mendorong digitalisasi pekerjaan semakin meluas.

Hasil survei World Economic Forum tahun 2020 menyebut strategi yang paling banyak dipakai perusahaan Indonesia agar bertahan, yakni dengan kebijakan bekerja dari rumah.

Sementara itu, riset McKinsey dan Bank Dunia menyatakan Indonesia memerlukan Sembilan juta talenta digital dalam periode 2015-2030.

Dari latar belakang tersebut, Kominfo dan Komisi I DPR RI menyelenggarakan webinar Ngobrol Bareng Legislator (Ngobras) dengan tema “Tren Pekerjaan di Dunia Digital” pada 5 Maret 2023. Kegiatan ini dibuka oleh Dirjen Aptika Kominfo Semuel Abrijani Pangerapan

Anggota Komisi I DPR Fadhlullah menjelaskan dunia digital dapat berdampak positif dan juga negatif.

“Kita semua ingin memanfaatkan dunia digital ini untuk menghasilkan, untuk mendapatkan hasil sehari-hari, ilmu, dan penghasilan untuk hidup kita,” lanjutnya.

Aktivis sekaligus jurnalis Andi Firdhaus membagikan pengalamannya sebagai jurnalis dalam 20 tahun terakhir. Ia menyebut teknologi digital berhasil mempermudah dan mempercepat kerja-kerja jurnalistiknya.

Andi menjelaskan ada sejumlah pekerjaan yang menjadi minat anak muda dewasa ini, seperti pemasaran digital, pembuat konten, programmer, desainer grafis, spesialis media sosial, desainer web, freelancer, bisnis daring, dan streamer.

“Munculnya beragam jenis pekerjaan baru di era menjadi tuntutan profesionalitas bagi tenaga kerja. Kita akan dituntut untuk memiliki keterampilan tidak hanya hard skil namun juga soft skill,” ujarnya.

Dengan adanya tuntutan tersebut, desainer visual Aditya Iswandi menjelaskan terdapat sejumlah pekerjaan yang mudah digantikan sekarang ini. Jenis pekerjaan tersebut di antaranya, front desk, administratif, kasir, akuntan, kurir, burik pabrik, tele marketer, hingga penulis.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2560 seconds (0.1#10.140)