8 Teknologi Canggih Zaman Kerajaan Nusantara, Nomor 7 Penunjuk Arah

Senin, 06 Maret 2023 - 16:48 WIB
loading...
8 Teknologi Canggih Zaman Kerajaan Nusantara, Nomor 7 Penunjuk Arah
Terdapat sejumlah teknologi canggih zaman kerajaan nusantara yang bisa diketahui. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Terdapat sejumlah teknologi canggih zaman kerajaan nusantara yang bisa diketahui. Beberapa di antaranya masih digunakan hingga sekarang.

Perkembangan teknologi seperti yang sekarang ini tentu tak luput dari beberapa teknologi pada masa lalu, termasuk pada masa kerajaan.

Meskipun masa kerajaan sudah terjadi sejak beberapa abad lalu, namun beberapa teknologinya masih meninggalkan jejak hingga sekarang.

Baca juga : Evolusi Teknologi Pemutar Musik dari Zaman Old hingga Zaman Now

Berikut delapan teknologi canggih zaman kerajaan nusantara:

1. Teknologi Perkapalan

Dalam sejarahnya, Majapahit merupakan kerajaan yang memiliki kapal induk Jung Jawa yang digunakan untuk berdagang. Kapal ini mampu berdagang dan melewati Laut Jawa, Teluk Benggala dan Laut China.

Diketahui besar dari kapal ini dapat membawa beban 200 hingga 300 ton. Beban tersebut telah menampung 100 pendayung, 6 orang penembak bedil, dengan meriam perunggu berukuran kecil.

2. Teknologi Berburu

Tulup merupakan salah satu alat berburu pada masa kerajaan. Alat ini berbentuk seperti pipa dari bambu kecil yang biasanya digunakan untuk berburu burung.

Selain tulub, ada pula alat bernama wuwu yang biasa digunakan untuk menangkap ikan. Alat ini memiliki bentuk seperti perangkap ikan yang terbuat dari anyaman bambu.

3. Teknologi Pertukangan

Dikutip dari laman resmi Borobudur Park, disebutkan bahwa orang jawa kuno telah memiliki keahlian di bidang pertukangan sejak lama, terutama ketika pembuatan rumah dan kuil.

Hal itu dibuktikan dengan adanya masyarakat Majapahit telah membuat candi-candi dengan teknologi batu tersusun tanpa semen perekat.

Selain itu berdasarkan Jurnal Studi Sosial 'Rekonstruksi Rumah Majapahit di Desa Bejijong Sebagai Sarana Edukasi Pendidikan IPS' (2019), masyarakat Majapahit membangun rumah dengan bentuk joglo dan berlantai tanah.Gambaran dari bangunan tersebut telah tertuang dalam relief candi Minak Jinggo dan Candi Tegowangi.

4. Teknologi Perang

Sejak zaman kerajaan, teknologi perang kerajaan sudah berkembang sangat pesat. Hal ini dibuktikan dengan adanya meriam cetbang yang sudah digunakan sejak kala itu.

Berdasarkan Jurnal Sejarah bertajuk ‘Antara Cerita dan Sejarah: Meriam Cetbang Majapahit’ (2020), teknologi asal kerajaan Majapahit ini terbuat dari perunggu dan menyerupai meriam kuno asal China, Wuwei.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0982 seconds (0.1#10.140)