Profil Antony Blinken, Menteri Luar Negeri Amerika Serikat

Kamis, 02 Maret 2023 - 19:08 WIB
loading...
Profil Antony Blinken, Menteri Luar Negeri Amerika Serikat
Menteri Luar Negeri AS, Antony John Blinken. Foto/SCMP
A A A
JAKARTA - Antony John Blinken, lahir 16 April 1962, adalah seorang pejabat pemerintah dan diplomat Amerika Serikat yang menjabat sebagai Menteri Luar Negeri Amerika Serikat ke-71 sejak 26 Januari 2021.

Beliau dicalonkan oleh Presiden Biden pada tanggal 23 November 2020, dikonfirmasi oleh Senat Amerika Serikat pada tanggal 26 Januari 2021, dan dilantik keesokan harinya oleh Wakil Presiden Kamala Harris.

Blinken menempuh pendidikan sekolah dasar dan sekolah menengah di Paris, di mana ia lulus dengan predikat sangat baik dari program Baccalaureat Prancis. Beliau adalah lulusan Harvard College dan Columbia Law School. Beliau memiliki dua orang anak dengan istrinya, Evan Ryan.

Blinken adalah salah satu pendiri WestExec Advisors, sebuah perusahaan global yang berfokus dalam bidang geopolitik dan konsultasi keamanan nasional. Pada tahun 2001 dan 2002, ia bekerja sebagai peneliti senior di Center for Strategic and International Studies.

Sebelum masuk ke pemerintahan, Blinken pernah bekerja sebagai pengacara di Paris dan New York. Selain menulis buku Ally Versus Ally: America, Europe, and the Siberian Pipeline Conflict, dia juga pernah menjadi wartawan untuk majalah The New Republic.

Blinken memulai pelayanan publiknya di Departemen Luar Negeri. Dari tahun 1993 hingga 1994, ia bekerja sebagai asisten khusus di Biro Urusan Eropa dan Kanada. Kini dia mendapat kehormatan untuk mengelola departemen tempat dia memulai karier pemerintahannya lebih dari 30 tahun yang lalu.

Selama dua pemerintahan dalam kurun waktu dua puluh tahun, Blinken telah menduduki jabatan-jabatan penting di bidang luar negeri. Dari tahun 1994 hingga 2001, ia bekerja sebagai anggota staf Dewan Keamanan Nasional (NSC).

Blinken menjabat sebagai Asisten Khusus Presiden, Direktur Senior untuk Perencanaan Strategis, dan Direktur Senior NSC untuk Penulisan Pidato dari tahun 1994 hingga 1998. Beliau menjabat sebagai Asisten Khusus Presiden dan Direktur Senior untuk Hubungan Eropa dan Kanada dari tahun 1999 hingga 2001.

Dari tahun 2009 hingga 2013, Blinken menjabat sebagai Deputi Asisten Penasihat Keamanan Nasional Presiden dan Wakil Presiden. Dalam jabatan ini, ia membantu pengembangan strategi AS terhadap Afghanistan, Pakistan, dan program nuklir Iran. Blinken dilantik sebagai Wakil Penasihat Keamanan Nasional pada tanggal 20 Januari 2013, menggantikan Denis McDonough.

Blinken mengesahkan pengiriman persenjataan ke Ukraina pada Januari 2022 untuk membantu negara Eropa Timur tersebut di tengah ketegangan perbatasan dengan Rusia. Blinken mengeluarkan peringatan terbuka pada tanggal 11 Februari mengenai kemungkinan invasi Rusia ke Ukraina sebelum Olimpiade Musim Dingin 2022 berakhir.

Penulis:MG/Rizky Akbar F
(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0933 seconds (0.1#10.140)