alexametrics

Warga Berebut Gunungan Buah pada Tradisi Sedekah Bumi di Sragen

loading...
Warga Berebut Gunungan Buah pada Tradisi Sedekah Bumi di Sragen
Gunungan buah diarak warga pada acara sedekah bumi di Sragen.(Foto: Joko Piroso/iNews TV)
A+ A-
SRAGEN - Ratusan warga Dusun Gondang Mayang, Desa Jono, Kecamatan Tanon menggelar ritual tolak bala sedekah bumi, Sabtu 22 Agustus 2015.

Selain berharap keselamatan bagi seluruh warga desa, mereka juga berdoa supaya mendapatkan hasil pertanian yang baik.

Selain membawa satu tumpeng berisi aneka makanan jajanan dan ayam ingkung, ritual sedekah bumi tersebut juga diikuti dengan upacara arak-arakan gunungan yang berisi berbagai jenis buah-buahan, sayuran dan tanaman khas yang dirawat warga setempat.

Acara diawali dengan pengumpulan tumpeng dari para warga. Mengambil posisi di tepi sumur tua yang dikenal sebagai sumber mata air pertama di dusun tersebut, prosesi sedekah bumi kemudian dilanjutkan dengan doa bersama untuk keselamatan dan kesejahteraan seluruh warga desa.

Selesai memanjatkan doa, salah satu Gunungan yang berisi hasil bumi kemudian dikirab berjalan mengelilingi sepanjang jalan desa.

Di barisan depan kirab diikuti para tokoh desa dan kaum muda yang membawa sejumlah alat pertanian, seperti cangkul, sabit, Lencek, garpu, sabit, wangkil, tomblok dan sejenisnya.

Di rombongan kedua, terlihat sejumlah pemuda yang tengah membawa gunungan berisi hasil bumi. Dan dibelakanganya diikuti sekelompok anak-anak yang tidak sabar hendak merebut gunungan.

Usai diarak gunungan tersebut kemudian diperebutkan rombongan anak-anak, tak ketinggalan kaum ibu-ibu pun turut memperebutkan berbagai hasil bumi yang dibuat gunungan tersebut.

Mbah suharno, salah satu tokoh tetua dukuh setempat mengatakan, acara sedekah bumi dan bersih desa tersebut dilakukan setiap tahun.

Selain dimaksudkan sebagai ungkapan rasa syukur atas hasil panen, acara tersebut juga dimaksudkan untuk tolak bala atau resik desa.

"Intinya doa keselamatan bagi seluruh warga desa dan meminta supaya panen ke depan mendapatkan hasil yang baik. Selain mengelar acara tasyakuran sedekah bumi dan bersih desa juga digelar acara wayang kulit," pungkasnya.
(nag)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak