Ratusan Veteran Yogya Naik Andong Keliling Kota

Senin, 10 Agustus 2015 - 11:16 WIB
Ratusan Veteran Yogya Naik Andong Keliling Kota
Ratusan Veteran Yogya Naik Andong Keliling Kota
A A A
YOGYAKARTA - Ratusan anggota Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mengikuti kirab keliling kota menggunakan andong. Kirab dilakukan dalam rangkaian peringatan Hari Veteran Nasional.

Totot Wahyu, pengurus LVRI DIY mengungkapkan, sebenarnya panitia mengajak lebih banyak veteran untuk bergabung mengikuti kirab keliling kota. Namun, sebagian veteran tidak bisa ambil bagian dan memilih pulang. Ini dimaklumi mengingat kondisi fisik yang sudah tidak memungkinkan.

"Yang ikut ada 200-an lebih, sedangkan andongnya ada 20. Tapi sebenarnya kami menyiapkan lebih banyak, tapi ada juga yang tidak datang," ucap Totot ditemui seusai kirab di Taman Makam Pahlawan Kusumanegara, Senin (10/8/2015).

Totot mengatakan, kirab dilakukan setelah sebelumnya ratusan veteran mengikuti upacara peringatan Hari Veteran Nasional. Setelah itu, kegiatan dilakukan dengan ziarah ke makam Panglima Besar Sudirman dan pahlawan lain yang dimakamkan di TMP Kusumanegara.

Kemudian, dilakukan kirab dengan pengawalan mobil patroli kepolisian. Kirab mengambil start dari TMP Kusumanegara melewati Jalan Sultan Agung kemudian berbelok ke Jalan Hayam Wuruk sampai simpang RM Numani.

Dari sana, rombongan berbelok menuju Jalan Mataram menuju utara dan memasuki Malioboro. Lalu, rombongan melewati Jalan P Senopati dan kembali ke TMP Kusumanegara.

Kastur Brotoatmodjo (89), salah satu veteran meminta generasi muda untuk terus berjuang menyejahterakan masyarakat. Perjuangan harus dilakukan sampai akhir hayat. "Tidak ada kata selesai, perjuangan harus terus berlanjut untuk kesejahteraan masyarakat," tegasnya.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3991 seconds (0.1#10.140)