alexametrics

Arus Mudik Laut di Tanjung Perak Naik Drastis

loading...
Arus Mudik Laut di Tanjung Perak Naik Drastis
ilustrasi. (istimewa)
A+ A-
SURABAYA - Arus penumpang mudik Lebaran tahun 2015 melalui jalur laut di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya mengalami kenaikan 9% dibanding tahun 2014.

Jumlah ini diluar dugaan, karena prediksi awal kenaikan hanya sebesar 5%. " Prediksi awal kami ada kenaikan arus mudik sebesar 5%, tetapi kali ini lebih besar,” kata Kepala Humas PT Pelindo III, Edi Priyanto, Selasa (4/7/2015).

Sesuai data posko arus mudik yang ada di Terminal Penumpang Gapura Surya Nusantara (GSN), pada H+15, tanggal 2 Agustus 2015, tercatat 179.493 orang naik dan turun dengan rincian 90.888 orang penumpang turun, 11.918 orang penumpang lanjutan, dan 76.687 orang yang naik dari Pelabuhan Tanjung perak.



Jumlah tersebut naik dibanding tahun 2014 tercatat sebanyak total 164.140 orang.

Kepala Humas Pelindo III Cabang Tanjung Perak, Dhany Rachmad Agustian, mengatakan, puncak dari arus mudik terjadi pada H-7 (10 Juli 2015) dengan penumpang turun dari luar pulau jawa sebanyak 8.157 penumpang dalam satu hari, dan puncak arus balik terjadi pada H+12 (30 Juli 2015) sebanyak 8.481 penumpang. “Semua berjalan dengan lancar tidak ada insiden apapun,” katanya.

Begitu pula dengan beberapa kegiatan mudik gratis yang diadakan oleh Pelindo III lewat kegiatan "Yuuk mudik gratis bareng Pelindo III’ dengan bus dari Semarang dan Surabaya,.

Mudik gratis pengendara motor dengan menggunakan motor dari Tanjung Priok ke Pelindo III Tanjung Emas Semarang dan Tanjung Perak Surabaya, serta mudik naik kapal bekerja sama dengan Pemprov Jatim, telah berjalan dengan sukses dan cukup diminati.

“Melihat animo masyarakat terhadap program mudik gratis yang cukup baik, kami akan melakukan beberapa evaluasi terkait program mudik tersebut dan semoga di tahun depan kami dapat menyediakan program mudik gratis lebih variatif dengan kuota yang lebih banyak dari tahun ini,” ungkap dia.
(lis)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak