alexametrics

Arus Balik di Pelabuhan Merak Mulai Ramai

loading...
Arus Balik di Pelabuhan Merak Mulai Ramai
Kepadatan Pelabuhan Merak oleh pemudik yang hendak balik ke Jakarta mulai terlihat.(Foto: Rasyid Ridho)
A+ A-
CILEGON - Suasana Pelabuhan Merak pada H+3 atau Selasa (21/7/2015) sudah mulai ramai dengan pemudik yang hendak menyeberang ke Jakarta.

Pantauan di Pelabuhan penyambung antar pulau Jawa dengan Sumatra ini terlihat ribuan kendaraan roda dua maupun motor mengantri untuk keluar dari area pelabuhan setelah turun dari kapal di lima dermaga.

Pihak pengelola Pelabuhan Merak PT Angkutan Sungai dan Penyebrangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Merak, memprediksi pemudik yang melakukan arus balik dari Pulau Sumatera menuju Pulau Jawa akan berdatangan di Pelabuhan Merak hingga Rabu (22/7) dini hari nanti.



"Sampai nanti malem makin ramai," kata Humas PT. ASDP Cabang Merak, Mario S Oetomo, Selasa (21/7/2015).

Dikatakan, kecenderungan arus balik berbeda dengan arus mudik yang cenderung ramai pada malam hari. Ia mengatakan, sejak dulu kecenderungan arus mudik akan mulai ramai sejak siang hari.

"Kalau arus mudik justru tengah malam atau selepas isya baru ramai, kalau arus balik itu siang, biasanya habis dzuhur. Jadi kebalikannya," katanya.

Untuk mengatur lalu lintas keluar masuk kendaraan, ratusan petugas PT. ASDP Cabang Merak terlihat bekerja ekstra di setiap dermaga mengatur lalu lintas bongkar muat penumpang dan kendaraan bermotor yang akan keluar dari Pelabuhan Merak menuju daerahnya masing-masing di Pulau Jawa.

Salah satu penumpang Merwanda (27) mengatakan dirinya memilih pulang hari ini karena esok hari sudah mulai kembali bekerja, walaupun tadi di Pelabuhan Bakauheni padat, bahkan ada antrian penumpang baik pejalan kaki maupun kendaraan.

"Emang sandarnya agak lama di Pelabuhan Merak. Hampir dua jam nunggunya, kapal juga tadi penuh sampai keluar kapal penumpangnya juga," katanya saat ditemui setelah turun dari kapal.
(nag)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak