17 ART di Secapa AD, Jalani Swab Test dan Isolasi Mandiri

Rabu, 15 Juli 2020 - 23:28 WIB
loading...
17 ART di Secapa AD, Jalani Swab Test dan Isolasi Mandiri
Siswa Sekolah Calon Perwira (Secapa) Angkatan Darat (AD), Bandung, Jawa Barat. Foto/Dispenad
A A A
BANDUNG BARAT - Swab test harus dilakukan kepada 17 orang warga Desa Wangunsari, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB). Pasalnya berdasarkan hasil tracking pihak desa ke-17 orang itu diketahui bekerja sebagai Asisten Rumah Tangga (ART) di lingkungan Secapa AD , Kota Bandung.

"Swab test-nya dilakukan Selasa (14/7/2020) sore di Kantor Desa Wangunsari. Mereka dikhawatirkan terpapar COVID-19 dari Secapa AD karena bekerja sebagai ART di sana," tutur Staf Satgas COVID-19 Desa Wangunsari, Lembang, Tohir kepada wartawan, Rabu (15/7/2020).

Tohir menyebutkan, sebelumnya pihaknya melakukan penelusuran identitas warga yang bekerja di lingkungan Secapa AD. Akhirnya didapatkan data sebanyak 17 warga yang tercatat di Desa Wangunsari, sehingga mereka kemudian diminta untuk melakukan swab test. Namun dari total 17 warga yang dijadwalkan ikut swab test hanya 13 warga yang datang.

Dijelaskannya, selama bekerja di lingkungan Secapa AD, para ART tersebut setiap harinya pulang pergi dan melakukan kontak langsung dengan keluarga dan warga di lingkungan tempat tinggalnya. Kondisi tersebut memicu kekhawatiran warga sekitar dan keluarganya mengingat selama bekerja di Secapa AD mereka pasti kontak dengan tentara di sana.

"Upaya ini juga untuk memastikan dan memberikan rasa aman kepada mereka. Terlepas dari hasilnya seperti apa, paling tidak bisa dilakukan langkah antisipasi sedini mungkin," ujarnya.(Baca juga : 116 Siswa Secapa dan 101 Personel Pusdik Pom AD Dinyatakan Negatif Covid-19 )

Saat ini, lanjut dia, semua warga yang telah melaksanakan swab test maupun yang belum sedang melaksanakan isolasi mandiri selama 14 hari di rumahnya masing-masing sambil menunggu hasil swab test-nya keluar. Pihaknya yang bekerja sama dengan pihak Dinas Kesehatan juga berencana melaksanakan rapid test untuk keluarga dan warga ART jika hasil swab test-nya sudah keluar dan ada yang terkonfirmasi positif.

"Beberapa hari ke depan hasilnya keluar, sekarang masih menunggu. Kalau ada yang positif akan ditindaklanjuti dengan pemeriksaan keluarga dan warga di sekitar mereka," pungkasnya.
(nun)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1585 seconds (0.1#10.140)