Semua Jalur Mudik Macet

Rabu, 15 Juli 2015 - 23:00 WIB
Semua Jalur Mudik Macet
Semua Jalur Mudik Macet
A A A
BREBES - Puncak arus mudik di jalur pantura sudah terlewati pada H-2 Lebaran. Kepadatan kendaraan pemudik pada besok hari diprediksi mulai berkurang.

Pantauan KORAN SINDO, lonjakan kepadatan kendaraan yang terjadi sejak Selasa (14/7/2015) siang atau H-3 hingga H-2 ini belum berkurang, bahkan cenderung bertambah. Lonjakan kendaraan pemudik membuat titik kemacetan tidak hanya terjadi di jalur pantura, namun juga di jalur tengah dan selatan.

Di jalur pantura, kemacetan panjang masih terjadi di beberapa titik sehingga menimbulkan penumpukan kendaraan sejak dari pintu masuk wilayah Brebes hingga Kota Tegal.

Seluruh badan jalan disesaki oleh kendaraan pemudik yang didominasi oleh kendaraan roda dua. Lantaran badan jalan padat, laju kendaraan terpantau rapat satu sama lain dan kerap tak bergerak sama sekali selama beberapa menit.

Peningkatan kepadatan membuat aparat kepolisian meningkatkan pemantauan di sejumlah titik yang berpotensi menimbulkan kemacetan panjang seperti di SPBU dan persimpangan jalan. Personel tim pengurai juga terlihat melakukan patroli ke sejumlah titik yang tersendat untuk mengurai penumpukan kendaraan.

Di beberapa titik, kepadatan kendaraan membuat pengendara hanya bisa melaju dengan kecepatan maksimal 20 kilometer per jam. Seperti di wilayah Bulakamba hingga alun-alun Brebes. Jarak tempuh dari Bulakamba hingga alun-alun sepanjang sekitar 5 kilometer bahkan harus ditempuh hingga dua jam dari normalnya tak sampai satu jam.

"Tidak hanya mobil yang tak bisa bergerak, sepeda motor juga hanya bisa jalan pelan-pelan," kata Aziz (28), salah seorang pemudik sepeda motor.

Seorang sopir bus Dewi Sri, Johar, mengungkapkan, kemacetan sudah terjadi sejak di wilayah Cirebon, Jawa Barat. Berangkat dari Cirebon sekitar pukul 13.00 WIB, bus baru sampai di wilayah Kaligangsa, Brebes sekitar pukul 17.30 WIB. Padahal, normalnya jarak Cirebon ke Brebes dapat ditempuh dalam waktu sekitar dua jam.

"Di Cirebon sudah macet. Di wilayah Brebes juga macet," kata Johar.

Untuk mengurai kemacetan, Sat Lantas Polres Brebes kembali melakukan rekayasa lalu lintas berupa contra flow sepanjang sekitar satu kilometer di ruas jalan pantura Kaligangsa, Brebes karena kepadatan kendaraan kian bertambah selepas pukul 13.00 WIB.

Namun, dari pantauan KORAN SINDO hingga pukul 17.30 WIB, kepadatan kendaraan masih terjadi.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4159 seconds (0.1#10.140)