Ribuan Petasan dan Puluhan Kendaraan Diamankan Polisi

Minggu, 05 Juli 2015 - 13:33 WIB
Ribuan Petasan dan Puluhan Kendaraan Diamankan Polisi
Ribuan Petasan dan Puluhan Kendaraan Diamankan Polisi
A A A
BANTUL - Ribuan petasan dan puluhan kendaraan roda dua diamankan oleh aparat gabungan Polres, TNI, Sat Pol PP, Polsek Jetis, Polsek Sewon dan Polsek Pleret dalam razia yang mereka gelar Minggu (5/7/2015) pagi di Stadion Sultan Agung (SSA).

Dalam razia tersebut ratusan petugas terpaksa harus diturunkan mengingat banyaknya sasaran yang harus dirazia.

Stadion Sultan Agung selama ini dikenal sebagai tempat konsentrasi massa setiap habis salat Subuh atau sebelum berbuka puasa.

Sebab di stadion ini, selain tempatnya luas juga layaknya seperti pasar tiban. Ratusan pedagang berkumpul menjajakan barang-barang mereka. Tak sekedar tua dan muda, tetapi anak-anak juga menuju ke kawasan ini untuk sekedar berlibur.

Kasat Sabhara Polres bantul AKP Riyono menuturkan, razia kali ini merupakan tindak lanjut dari keluhan masyarakat yang mengaku sangat terganggu dengan aktivitas ibadah mereka karena bunyi petasan yang sangat keras setiap saat di kawasan Stadion kebanggaan milik rakyat Bantul ini.

Razia ini juga merupakan tindak lanjut program kerja 100 hari Kapolri yang baru. “Kami ingin menciptakan suasana yang nyaman untuk beribadah,” tuturnya, Minggu (5/3/2015).

Menurut Riyono, selain dikonsentrasikan di kawasan Stadion Sultan Agung, setiap Polsek juga menggelar razia yang sama.

Sasaran utama adalah petasan dan nantinya jika kedapatan ada kendaraan bermotor yang tidak dilengkapi dengan surat-surat juga akan ditindak. Motor akan diangkut ke Polsek masing-masing dan ke Polres.

Untuk kendaraan bermotor juga merupakan tindak lanjut dalam operasi kendaraan bermotor karena di beberapa wilayah Polres yang ada di DIY juga banyak terjadi pencurian kendaraan bemotor.

Razia kendaraan ini juga merupakan tindakan mencegah angka kriminalitas yang belakangan ini memang mengalami tren kenaikan.

“Semuanya akan kami razia. Motor tanpa surat-surat akan kami serahkan ke reskrim (reserse dan kriminal) untuk diproses,” paparnya.

Dalam razia kali ini petugas harus berkali-kali menyisir setiap kendaraan bermotor yang digunakan oleh para pengunjung. Pengunjung beserta sepeda motornya juga dirazia untuk menemukan barang-barang yang mencurigakan. Di pintu masuk dan keluar, petugas sudah bersiap siaga merazia seluruh kendaraan yang dibawa oleh pengunjung.

Kapolsek Sewon Kompol Heru Setyawan menuturkan, razia kali ini memang harus jeli. Karena aparat kepolisian dengan pengunjung harus kucing-kucingan. Tak sedikit polisi menemukan petasan dengan ukuran besar yang mereka sembunyikan di semak-semak dan di balik pot bunga. Petasan-petasan tersebut lantas dibawa ke Mapolsek untuk dimusnahkan.

“Kami juga merazia balapan liar, soalnya di sini (Stadion Sultan Agung) sering digunakan untuk balap liar,” tandasnya.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.4255 seconds (0.1#10.140)