Sandiaga Uno Dapat Gelar Pangeran Nata Yasa Wangsa dari Keraton Amantubillah Mempawah

Jum'at, 10 Februari 2023 - 21:38 WIB
loading...
Sandiaga Uno Dapat Gelar Pangeran Nata Yasa Wangsa dari Keraton Amantubillah Mempawah
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mendapat gelar Pangeran Nata Yasa Wangsa Kekerabatan Keraton Amantubillah Mempawah dari raja Ke-13 Mempawah, Pangeran Ratu Mulawangsa Mardan Adijaya Kesuma Ibrahim. Foto/iNews TV/Uun Yuniar
A A A
MEMPAWAH - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mendapat gelar Pangeran Nata Yasa Wangsa Kekerabatan Keraton Amantubillah Mempawah dari raja Ke-13 Mempawah, Pangeran Ratu Mulawangsa Mardan Adijaya Kesuma Ibrahim.

Gelar kekerabatan tersebut diberikan kepada Sandiaga Uno ketika mengunjungi Istana Kerajaan Amantubillah Mempawah yang berada di Kelurahan Pulau Pedalaman, Kecamatan Mempawah Timur, Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat, Kamis (10/2/2023) malam.



Sandiaga Uno tiba di Istana Amantubillah didampingi Bupati Mempawah, Erlina disambut dengan tarian Paduppa dan Adat Angngaru'.

Tarian Paduppa merupakan tari selamat datang untuk penyambutan tamu kehormatan. Sedangkan tradisi Angngaru' merupakan ikrar atau ungkapan sumpah setia hingga nyawa jadi taruhannya.

Angngaru' memiliki makna simbolis bahwa tamu yang berkunjung akan dijamin keselamatannya selama berada di Istana Amantubillah.

Di Kerajaan Mempawah, Sandiaga Uno bersama sejumlah tamu kehormatan lainnya akan mengikuti acara gelar adat toana atau penganugerahan gelar oleh Raja Mempawah.



Sandiaga Uno turut mengapresiasi kepada yang mulia baginda Raja Mempawah yang bersama-sama mendukung pelestarian budaya.

Sebagai bentuk dukungan pengembangan potensi wisata berbasis budaya, Sandiaga Uno akan mendorong penguatan pengembangan wisata dan ekonomi kreatif berbasis komunitas di Mempawah.

Selain itu pengembangan potensi melalui program-program yang ada di Kemenparekraf, seperti anugerah desa wisata Indonesia (ADWI) kabupaten, kota serta penguatan infrastruktur wisata dengan dana alokasi khusus.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1231 seconds (0.1#10.140)