Edukasi Masyarakat, Usbat Ganjar Gelar Pelatihan Memandikan Jenazah

Senin, 06 Februari 2023 - 19:38 WIB
loading...
Edukasi Masyarakat, Usbat Ganjar Gelar Pelatihan Memandikan Jenazah
Usbat Ganjar menggelar pelatihan memandikan jenazah di Kecamatan Petumbak, Kabupaten Deli Serdang, Senin (6/2/2023). Foto/Dok. SINDOnews
A A A
DELI SERDANG - Ustadz Sahabat (Usbat) Ganjar menggelar pelatihan memandikan jenazah. Selain itu mereka juga memberikan pengeras suara dan karpet untuk menunjang kegiatan Majelis Taklim An Nur.

Pelatihan digelar di Kecamatan Petumbak, Kabupaten Deli Serdang, Senin (6/2/2023). Pelatihan tersebut diikuti puluhan warga dan ibu-ibu Majelis Taklim An Nur di Deli Serdang. Mereka diedukasi tentang tata cara memandikan jenazah. Diketahui, memandikan jenazah adalah kegiatan fardu kifayah yang perlu diketahui masyarakat.

Korda Usbat Ganjar Deli Serdang Ahmad Thalhah mengatakan, tidak semua warga bisa memenuhi hak orang yang sudah meninggal tersebut. "Untuk menambah ilmu, kami berinisiatif memberikan pelatihan fardu kifayah, khususnya bagian memandikan jenazah, agar pelaksanaan ini selanjutnya bisa diaplikasikan oleh masyarakat," katanya.

Dia berharap warga Deli Serdang, khususnya di Dusun V, Kecamatan Petumbak, bisa secara mandiri memandikan jenazah. Dengan begitu, ke depan masyarakat mudah mendapatkan orang yang bisa memandikan jenazah.

"Kami berharap para warga ini mampu secara mandiri memandikan jenazah di daerah setempat sehingga hal ini membawa manfaat bagi daerah sekitar," ucapnya.

Narasumber pelatihan sekaligus Korda Usbat Ganjar di Medan Ahmad Dairobi menjelaskan tata cara memandikan jenazah kepada warga dan ibu-ibu Majelis Taklim An Nur. Mulai menyiram tubuh hingga bersih dengan sabun sampai mewudui jenazah.

"Pertama, jenazah dibawa ke pemandian, lalu sekujur tubuh disiram dan dibersihkan dengan sabun. Kemudian, dicek kebersihannya. Setelah itu, disiram dengan air wewangin dan diwudui. Begitu sekiranya," terangnya.

Usbat Ganjar rencananya terus menggelar kegiatan positif. Khususnya pelatihan kepada imam-imam di masjid dalam memimpin jamaahnya. "Intinya kami terus mengadakan kegiatan positif yang berdampak bagi warga," ungkapnya.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1279 seconds (0.1#10.140)