Pemerintah Kota Pekanbaru Siapkan Masterplan untuk Ketahanan Pangan

Rabu, 15 Juli 2020 - 11:34 WIB
loading...
Pemerintah Kota Pekanbaru Siapkan Masterplan untuk Ketahanan Pangan
Kepala DKP Kota Pekanbaru Alek Kurniawan.
A A A
PEKANBARU - Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kota Pekanbaru sedang menyiapkan masterplan ketahanan pangan sekaligus sentra produksi pangan Pekanbaru. Sehingga ke depan, wilayah sentra pertanian ataupun perkebunan dapat dipetakan.

"Sekarang kita sedang menyiapkan masterplan ketahanan pangan untuk Kota Pekanbaru. Jadi nanti akan terpetakan di mana sentra dan Klaster produksi pangannya," kata Kepala DKP Kota Pekanbaru Alek Kurniawan, Selasa (14/7/2020).

Alek mencotohkan seperti di Kecamatan Rumbai, Rumbai Pesisir dan Tenayan Raya masih banyak lahan kosong, dan juga ada sentra-sentra peternakan, perkebunan, serta perikanan. Nantinya, akan dipetakan berapa data ril sentra-sentra itu untuk rencana Pemerintah Kota Pekanbaru ke depan. "Nantikan mungkin ada industri kecil menengah (IKM) ini kita petakan. Nantikan kalau misalnya daerah itu produksi ubi pertaniannya, nanti diolah disitu. Kita berharap seperti di daerah Sumatera Barat," jelasnya.

Alek kemudian menjelaskan di Sumatera Barat, sebelum masuk Bukit Tinggi ada sentra jagung. Di sana berbagai olahan jagung diproduksi sampai beberapa turunan, misalnya perkedel, jagung rebus, bubur dan lainnya. "Jadi dari masterplan ini kita harapkan ada data yang menunjang ketahanan pangan di mana sentra produksi, pengolahan, dan di mana daerah-daerah distribusinya. Insya Allah ketahanan pangan itu bisa tersedia untuk kita," jelasnya. (adv)
(alf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1000 seconds (0.1#10.140)