Bupati dan Wabup Lamandau Pantau dan Salurkan Sembako ke Korban Banjir

Rabu, 15 Juli 2020 - 10:10 WIB
loading...
Bupati dan Wabup Lamandau Pantau dan Salurkan Sembako ke Korban Banjir
Bupati saat salurkan sembako.Foto bawah Wabup saat pantau banjir.
A A A
NANGA BULIK - Bupati Lamandau Kalteng Hendra Lesmana dan wakilnya Riko Porwanto bergerak cepat membantu dan memantau banjir di sejumlah wilayah di Nanga Bulik dan sejumlah desa lainnya, Selasa (14/7/2020). Mereka membagi tugas dan kompak dalam mengatasi musibah banjir parah di sejumlah wilayah di Lamandau.

Pada Selasa pagi, Bupati Hendra Lesmana turun langsung menyalurkan bantuan kepada warga terdampak banjir di sejumlah desa. Ratusan paket sembako disalurkan kepada masyarakat yang terdampak banjir di sejumlah kecamatan di kawasan yang dialiri sungai lamandau, diantaranya desa Penopa, desa Cuhai, desa Tanjung Beringin, desa Sungai Tuat hingga ke beberapa desa di Kecamatan Delang.

Ia menyampaikan permohonan maaf atas keterlambatan penyaluran bantuan dikarenakan kedalaman air pada saat banjir tidak memungkinkan akses menuju ke rumah warga. “Karena sulitnya mengantar bantuan kami mohon maaf sebesar besarnya kepada warga,” ujar orang nomor satu di Lamandau ini usai memberikan bantuan sembako kepada korban banjir disejumlah desa.

Ia menjelaskan, banjir yang beberapa hari lalu menggenangi ruas jalur trans Kalteng- Kalbar yang melalui kecamatan Lamandau hingga kecamatan Delang sudaj terpantau surut dan bisa dilewati.Pada kesempatan tersebut bupati sekaligus memberikan bantuan kepada warga yang masih kesulitan mendapatkan air bersih, tim kesehatan juga diturunkan untuk memeriksa balita, lansia dan masyarakat yang mengalami gejala penyakit akibat banjir.

Turut hadir Kapolres Lamandau, perwakilan Dandim 107 Lamandau, Kajari, Kepala Dinsos, Kepala Dishub, Kepala BPBD, Kepala PUPR dan kepala Dinkes Lamandau.

Sementara itu, Wabup Lamandau Riko Porwanto pantau sejumlah titik banjir di Kota Nanga Bulik pada Selasa (14/7/2020). Riko Porwanto terjun langsung ke sejumlah lokasi yang terkena banjir di kota Nanga Bulik, tepatnya di RT 09 Nanga Bulik seberang, komplek pasar Saik RT 07 dan RT 01 Nanga Bulik. "Kepada masyarakat untuk selalu waspada terhadap segala penyakit yang diakibatkan oleh bencana banjir ini. Selain itu selalu memperhatikan aliran listrik untuk mengantisipasi jatuhnya korban jiwa akibat sengatan pendek arus listrik atau korsleting", ungkap Wabup beri arahan warga.

Riko juga memerintahkan Lurah Bulik untuk selalu memantau warganya agar dapat disalurkan bantuan berupa sembako dan kebutuhan sehari-harinya di tempat pengungsian. Kemudian mengingatkan seluruh ketua RT supaya memantau kesehatan dan keselamatan warganya. “Dan siap siaga melaporkan apabila terdapat warganya yang harus segera di relokasi menuju tempat pengungsian dalam hal ini dapat melaporkannya kepada BPBD atau satpoldamkar.”

Di akhir kunjungannya Riko Purwanto memberikan semangat dan mengajak masyarakat untuk selalu berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa agar bencana ini segera berlalu.
(alf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0610 seconds (0.1#10.140)