GMC Kaltim Gelar Lomba Tari Tradisional di Penajam Paser Utara

Selasa, 31 Januari 2023 - 19:41 WIB
loading...
GMC Kaltim Gelar Lomba Tari Tradisional di Penajam Paser Utara
Relawan GMC Kalimantan Timur menggelar lomba tari dengan tema Malam Rindu Budaya. Lomba dilaksanakan di Penajam Paser Utara. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
PENAJAM PASER UTARA - Relawan Ganjar Milenial Center (GMC) Kalimantan Timur (Kaltim) menggelar lomba tari dengan tema Malam Rindu Budaya. Lomba dilaksanakan di Penajam Paser Utara.

Koordinator Wilayah Ganjar Milenial Center Kaltim Sadly Jaya M mengatakan, perlombaan itu digelar pada di Gedung Serba Guna Sipakario, Kelurahan Nipah-Nipah, Kecamatan Penajam. "Peserta berasal dari berbagai kalangan, ada dari sanggar, komunitas, dan sekolah," katanya dalam siaran pers, Selasa (31/1/2023).

Lomba tari digelar untuk memberikan dan menumbuhkan semangat kompetisi berbudaya kembali kepada seniman tari di daerah tersebut. Kegiatan ini dilaksanakan dengan rangkulan seniman-seniman yang tergabung dalam sanggar seni. “Mereka itu di antaranya Sanggar Seni Paud Cemerlang, Putri Lemiyang, Rumah Adat Sepan, SMPN 10, Benuo Taka, dan MA Sepaku,” ujarnya.

Kegiatan ini juga upaya GMC mempertahankan dan menjaga kebudayaan. Para peserta yang berjumlah ratusan itu berlomba memperebutkan hadiah jutaan rupiah yang disiapkan GMC Kaltim. Komba dimenangkan Sanggar Benuo Taka, SMPN 10, dan Paud Cemerlang.

Rafika, pengurus DPD GMC Kabupaten Penajam Paser Utara mengatakan selain ajang kompetisi, kegiatan ini juga untuk penguatan rasa cinta terhadap budaya. Apalagi, sebagian masyarakat takut kebudayaan yang ada tergerus karena perpindahan masyarakat di IKN Nusantara.

Ibrahim, pengurus wilayah GMC mengatakan, lomba tari itu juga upaya menyosialisasikan sosok Ganjar Pranowo yang peduli akan kelestarian kebudayaan. "Melalui kegiatan ini harapannya para milenial dan seluruh masyarakat dapat lebih mengenal sosok Ganjar yang kami dukung menjadi Presiden di 2024," ujar Ibrahim.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5405 seconds (0.1#10.140)