Gempa Tektonik M3,6, Guncang Purwakarta

Minggu, 22 Januari 2023 - 13:23 WIB
loading...
Gempa Tektonik M3,6, Guncang Purwakarta
Bencana gempa kembali mengguncang wilayah tanah air. Kali ini gempa bumi tektonik berkekuatan magnitudo 3,6 mengguncang Kabupaten Purwakarta. (Ist)
A A A
PURWAKARTA - Bencana gempa kembali mengguncang wilayah tanah air. Kali ini gempa bumi tektonik berkekuatan magnitudo 3,6 mengguncang Kabupaten Purwakarta , pukul 11.58.36 WIB, Minggu (22/1/2023).

Hasil analisis BMKG menunjukkan episenter terletak pada koordinat 6.73 LS dan 107.34 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 22 km Barat Daya Kabupaten Purwakarta pada kedalaman 7 km.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas aktivitas Sesar Cirata," jelas Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang Hartanto.

Dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di wilayah Purwakarta dengan Skala Intensitas III MMI. Getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.

Di Cikalongwetan, Cianjur, Karangtengah, Ciranjang, Darangdan, Cirata dengan Skala Intensitas II - III MMI. Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang - Getaran dirasakan nyata dalam rumah.

Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu. "Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut," jelas dia.

Baca: Tahun Baru Imlek, Warga di Bandung Berdoa Berharap Ekonomi Lebih Baik.

Hingga pukul 12:30 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan aktivitas gempa bumi susulan sebanyak 2 (dua) kali.

"Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," pungkasnya.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1374 seconds (0.1#10.140)