OMG Jatim Gelar Seminar Edukasi Bertahan Hidup di Alam Bebas

Sabtu, 21 Januari 2023 - 21:58 WIB
loading...
OMG Jatim Gelar Seminar Edukasi Bertahan Hidup di Alam Bebas
Relawan OMG Jatim menggelar seminar edukasi dengan tema bertahan hidup di alam bebas, Sabtu (21/1/2023). Seminar di salah satu kafe di Sidoarjo itu dihadiri banyak pemuda dan milenial. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
SIDOARJO - Relawan Orang Muda Ganjar (OMG) Jawa Timur (Jatim) menggelar seminar edukasi dengan tema bertahan hidup di alam bebas, Sabtu (21/1/2023. Seminar di salah satu kafe di Sidoarjo itu dihadiri banyak pemuda dan milenial dari berbagai daerah.

Para pemuda itu mayoritas memiliki hobi beraktivitas di alam, seperti mendaki gunung. OMG Jatim juga menggandeng salah satu komunitas pencinta alam di Jawa Timur, Summit Hunter untuk mengisi materi dalam seminar tersebut.

Dalam seminar itu, para peserta diberikan materi edukasi perihal bagaimana bertahan hidup di alam bebas. Mulai dari manajemen logistik sebelum mendaki gunung, cara mencari makanan dan air darurat, cara mencegah hipotermia, hingga cara memfilter air kotor hingga layak konsumsi.

Korda OMG Jatim, Zaki Mubarok berharap kegiatan ini bisa bermanfaat untuk anak muda di Sidoarjo. "Ini untuk menampung teman-teman yang memiliki hobi dalam bidang aktivitas di alam, seperti naik gunung," ujar Zaki.

Selain itu, para relawan juga mendirikan Posko Binaan Orang Muda Ganjar di Desa Wedoro Klurak, Kecamatan Candi, Kabupaten Sidoarjo. Posko ini untuk tempat berkumpul para anak muda yang tertarik pada aktivitas di alam bebas.

"Di posko itu, nanti bisa jadi tempat diskusi dan seminar-seminar edukasi tentang bahaya apa saja di alam, kemudian bagaimana ketika kami dihadapkan dengan bencana atau sesuatu yang tidak terduga itu, harus mengatasinya dengan cara apa," lanjutnya.

Zaki berkomitmen relawan OMG akan terus menggelar kegiatan yang bermanfaat untuk anak muda dan milenial di wilayah lainnya di Jawa Timur. Zaki menyebut, pihaknya telah berdiskusi untuk segera menggelar kegiatan bermanfaat di bidang lain, seperti pendidikan dan sosial.

"Kegiatan ini terinspirasi dari Ganjar Pranowo. Pak Ganjar meski usianya sudah bisa dibilang tua, tapi dia memiliki jiwa muda yang sangat tinggi," sebutnya.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1824 seconds (0.1#10.140)