Infrastruktur Jokowi Buat Realisasi Investasi di Daerah Melonjak

Jum'at, 20 Januari 2023 - 15:33 WIB
loading...
Infrastruktur Jokowi Buat Realisasi Investasi di Daerah Melonjak
Keberhasilan Presiden Joko Widodo (Jokowi) mewujudkan pemerataan pembangunan mendorong realisasi investasi di daerah-daerah terus melonjak. (Ist)
A A A
MAKASSAR - Keberhasilan Presiden Joko Widodo (Jokowi) mewujudkan pemerataan pembangunan mendorong realisasi investasi di daerah-daerah terus melonjak. Jokowi sukses menyediakan fasilitas lengkap yang dapat mengundang para investor untuk berinvestasi di berbagai daerah.

Akademisi Universitas Hasanudin (Unhas) Kota Makassar, Dr Sawedi Muhammad menuturkan masuknya investasi ke daerah membawa banyak maslahat bagi masyarakat. Salah satunya adalah terciptanya ribuan lapangan kerja.

“Kita optimis infrastruktur-infrastruktur yang dibangun Pemerintah (Jokowi) saat ini bisa berdampak positif. Misalnya dengan terserapnya ribuan lapangan kerja, kemudian jual beli barang logistik semakin lancar,” ujar Sawedi di Unhas.

Selain investasi yang melonjak, Sawedi melihat digenjotnya infrastruktur juga berdampak pada mengikisnya angka kemiskinan di daerah. Seperti yang terjadi di Sulawesi Selatan.

Berdasarkan Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), angka kemiskinan terkikis sebesar 0,15 persen dari 784,98 ribu jiwa di Maret 2021 menurun menjadi 777,44 ribu jiwa pada bulan yang sama di 2022.

“Kita akui pemerataan infrastruktur bisa memiliki multiplier effect positif terhadap pengurangan angka kemiskinan, kesenjangan sosial dan lain sebagainya. Kita apresiasi kinerja pemerintah,” terangnya.

Sebagai tambahan informasi, Berdasarkan data Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Sulsel, realisasi investasi tahun 2022 sebesar Rp 9,991 Triliun. Untuk tahun 2023, investasi di Sulsel ditargetkan bisa mencapai Rp12 hingga Rp13 triliun. (bima setiyadi)
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1012 seconds (0.1#10.140)