Sambut Kedatangan Jemaah Haji Kloter Terakhir, Khofifah Bagikan Bendera Merah Putih

Minggu, 14 Agustus 2022 - 01:41 WIB
Gubernur Khofifah Indar Parawansa menyambut kedatangan jemaah haji kloter SUB-38 dengan membagikan bendera merah putih di Asrama Haji Sukolilo Surabaya
SURABAYA - Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa menyambut kedatangan jemaah haji kloter SUB-38 dengan membagikan bendera merah putih di Asrama Haji Sukolilo Surabaya, Sabtu (13/8/2022).

Secara khusus pada 244 jemaah haji yang baru tiba di tanah air tersebut, Khofifah meminta untuk mengibarkan bendera merah putih di masing-masing rumah jemaah haji. "Kita berbagi bendera merah putih. Kepada ketua kloter yang secara simbolis menerima, saya berpesan supaya dikibarkan di kediaman masing-masing," kata Khofifah.

Orang nomor satu di Jatim itu menyampaikan bahwa, pembagian bendera merah putih ini adalah bagian dari gerakan nasional membagikan 10 juta bendera. Khofifah berharap semua elemen pun melakukan hal yang sama dari mulai kepala desa, lurah, hingga kepala daerah serta masyarakat secara umum. "Kita juga mengajak agar elemen-elemen instansi vertikal yang bertugas di Jawa Timur juga melakukan hal yang sama," katanya.

Baca juga: Jarah Sesajen Petik Laut, Pria Paiton Dikeroyok Massa

Khofifah menjelaskan, membagikan bendera merah putih kepada para jemaah haji adalah bentuk penguatan dalam membangun semangat nasionalisme - religius. "Kita bangun semaksimal mungkin di negeri ini, bahwa mandat dari sila pertama Pancasila yaitu Ketuhanan yang Maha Esa yang artinya bahwa proses cinta tanah air harus diikuti dengan bagaimana penguatan dari sisi nasionalisme dan religiusitas," jelasnya.



Diketahui, jemaah haji yang diberangkatkan dari embarkasi Surabaya berjumlah 16.835 orang jamaah haji. Kemudian yang telah kembali pulang ke tanah air melalui 38 kloter ada 16.809 orang jemaah haji.

Sebanyak 23 jamaah haji embarkasi Surabaya telah wafat saat menjalankan ibadah haji di tanah suci, dan 3 orang jemaah haji saat ini tengah sakit. Lalu 2 orang diantaranya tengah menjalani perawatan di rumah sakit Arab Saudi dan 1 orang menjalani perawatan di Rumah Sakit Haji Surabaya.

Sementara itu, jemaah haji kloter 38 ini sedianya berjumlah 230 orang, namun 5 orang jemaah haji telah kembali lebih awal. Lalu 1 orang jemaah haji telah wafat sebelum kembali ke tanah air. Satu orang tersebut atas nama Sriwati Tilam Sari asal Kota Mojokerto.
(msd)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More