Karang Taruna Berharap Donor Darah Sering Dilakukan di Kepanjen

Kamis, 05 November 2020 - 00:03 WIB
Donor darah lintas komunitas karang taruna Heppiii Community di Kepanjen, Malang, beberapa hari lalu berhasil menyumbangkan banyak kantong darah untuk PMI.Foto/ist
MALANG - Aksi sosial bertema "Bakti Pemuda, Setetes Darah untuk Negeri" telah sukses digelar di Kepanjen, Malang, Jawa Timur selama sepekan ini. Masyarakat berharap, tahun depan kegiatan sosial berupa donor darah ini digelar kembali.

Koordinator acara, Andrew Suryawijayamengatakan kegiatan ini mendapatkan apresisi yang positif. Komunitas dan karang taruna yang mayoritas baru pertama kali ini ikut donor mengaku siap mendatangkan anggota lebih banyak lagi tahun depan.

“Kegiatan donor darah lintas komunitas ini jadi momentum untuk menumbuhkan kesadaran dan kebanggaan untuk berani berkorban untuk sesama. Awalnya banyak yang takut jarum suntik, tapi setelah selesai mereka justru merasa lebih segar,” kata Andrew, Rabu (4/11/2020).

Bagi sebagian masyarakat, donor darah memang menjadi hal baru. Namun berkat program bersama Heppiii Community ini, mereka semakin tahu manfaat dan tujuan mulia dari donor darah. (Baca juga: Donor Darah Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur Raih Dua Rekor Muri )

“Kegiatan donor darah kemarin diikuti 168 pendaftar dari komunitas dan kartar. Alhamdulillah banyak kantong darah yang berhasil disumbangkan ke PMI,” imbuh Andrew.



Diketahui, yang terlibat aksi sosial ini adalah Kelompok Tani Sukodono, Karang Taruna Darya Aksata, Kelompok Tani Tambaksari. Sedangkan komunitasnya dari RX King Malang Raya, Komunitas Gojek Halo Cinta Turen dan Youtuber Bangsawan 27.

Donor darah ini merupakan bagian dari program Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur dan ikut dalam kegiatan pembuatan rekor dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI). Rekor MURI pertama adalah donor darah oleh komunitas terbanyak dan Rekor MURI kedua bertajuk donor darah oleh karang taruna terbanyak.(Baca juga: Puluhan Lapak Pasar Tradisional di Kota Pasuruan Ludes Terbakar )

Kegiatan yang diinisiasi oleh PT SCM bersama Inspire dan didukung Palang Merah Indonesia (PMI) di 58 kota/kabupaten ini melibatkan 492 komunitas dan 112 karang taruna. Komunitas yang terlibat seperti SuperSoccer, SuperAdventure, Bold Riders, dan Heppiii Community, kelompok karang taruna dari berbagai desa.

Kolaborasi komunitas ini berlangsung selama periode 7-31 Oktober 2020, bertepatan dengan momentum peringatan Sumpah Pemuda. Kegiatan ini juga merupakan lanjutan dari program "Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur Berbagi" pada Hari Qurban di Juli lalu.
(msd)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More