Pilkada Banten, Tokoh Agama hingga Mahasiswa Serukan Netralitas Penegak Hukum

Jum'at, 27 September 2024 - 12:59 WIB
Sejumlah tokoh, mahasiswa, kalangan pesantren, dan tokoh masyarakat menyerukan netralitas penegak hukum di Pilkada Banten. Foto/Dok. SINDOnews
SERANG - Sejumlah tokoh mulai dari mahasiswa, kalangan pesantren, tokoh agama, dan tokoh masyarakat menyerukan netralitas penegak hukum di Pilkada Banten 2024. Netralitas dinilai sebagai kewajiban untuk menciptakan pilkada yang aman, damai, dan demokratis.

Forum Komunikasi Pimpinan dan Pengasuh Ponpes se-Kabupaten Serang mengimbau aparat penegak hukum bersikap netral jelang Pilkada Banten 2024. “Kami meminta seluruh aparatur penegak hukum bersikap netral dalam Pilkada Banten 2024,” kata Ustadz Dede Muizuddin, juru bicara pimpinan dan pengasuh ponpes se-Kabupaten Serang di Ponpes Ar-Robani kepada wartawan, Jumat (27/9/2024).

Ia menilai, politik dan hukum adalah instrumen bernegara yang berbeda. Hukum tidak boleh mengintervensi pilihan politik masyarakat. “Biarkan warga Banten memilih calon pemimpinan daerah sesuai hati nuraninya, tanpa diintervensi pihak mana pun,” tandasnya.

Sejumlah Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dari berbagai universitas di Banten juga menyerukan pengawalan Pilkada Serentak 2024 . Aliansi BEM mengingatkan netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN), Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), dan terutama aparat penegak hukum.

Juru bicara Aliansi BEM Banten Gymnastiar mengatakan, mahasiswa akan mengawal pilkada dan memastikan terciptanya proses demokrasi yang bersih dan adil. "Kami, mahasiswa Banten, akan memastikan bahwa semua pihak, baik ASN, KPU, Bawaslu, maupun aparat penegak hukum, tetap netral dalam menjalankan tugasnya selama Pilkada Serentak ini. Netralitas penting untuk menjaga kepercayaan publik," katanya.

Sementara itu, sejumlah tokoh agama, ormas Islam, dan pimpinan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Banten mendeklarasikan Pilkada 2024 yang damai. "Kami pimpinan Majelis Ulama Indonesia dan pimpinan ormas Islam se-Provinsi Banten menyatakan deklarasi tokoh agama untuk Pilkada Banten damai aman dan tertib," kata Ketua MUI Banten KH Bazari Syam.

Dalam deklarasi tersebut, MUI Banten mengajak pengurus MUI dan ormas Islam di semua tingkatan. "Semua harus berpartisipasi hadir dalam mewujudkan Pilkada Banten 2024 yang damai, demokratis, adil, dan jujur," ujarnya.
(poe)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More Content