BMKG Laporkan Gempa Kabupaten Bandung Sebabkan Kerusakan Ringan hingga Berat di 2 Kecamatan

Rabu, 18 September 2024 - 12:10 WIB
Gempa dengan kekuatan 5,0 magnitudo mengguncang Kabupaten Bandung, Jawa Barat pagi ini. Sejumlah bangunan dilaporkan rusak akibat gempa tersebut. Foto/Istimewa
BANDUNG - Gempa dengan kekuatan 5,0 magnitudo mengguncang Kabupaten Bandung , Jawa Barat pagi ini. Sejumlah bangunan dilaporkan rusak akibat gempa tersebut.

Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari menjelaskan berdasarkan laporan sementara terjadi kerusakan terhadap rumah warga di Pangalengan dan Kertasari dampak dari gempa Magnitudo 5,0.



“Laporan visual sementara dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Barat, beberapa rumah warga itu mengalami roboh di bagian dinding rumah, langit-langit, pagar dan kerusakan di bagian lain dengan kondisi rusak ringan hingga berat,” ujar Abdul Muhari dalam keterangannya, Rabu (18/9/2024).

Tak hanya rumah warga, lanjut Abdul Muhari, sejumlah fasilitas umum seperti fasilitas kesehatan dan tempat ibadah turut berdampak akibat gempa yang terjadi pukul 09.41 WIB.

“Di samping itu, beberapa bangunan fasilitas umum, fasilitas kesehatan, tempat ibadah dan kantor polisi turut mengalami kerusakan di wilayah Kabupaten Bandung,” jelas dia.

Lebih jauh, saat ini Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Provinsi Jawa Barat bersama BPBD Kabupaten Bandung, BPBD Kabupaten Bandung Barat beserta lintas instansi lainnya telah berada di lokasi terdampak untuk kaji cepat dan monitoring yang juga difokuskan kepada upaya penyelamatan warga terdampak.

“Saat siaran pers ini diturunkan, memang belum ada laporan signifikan mengenai jatuhnya korban jiwa. Perkembangan data dan informasi akan dilaporkan secara berkala pada waktu berikutnya,” jelas dia.

Sebelumnya, gempa bumi dengan magnitudo (M) 5,0 mengguncang Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Gempa tersebut berada di kedalaman 10 km.

Berdasarkan keterangan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa itu terjadi pukul 09.41 WIB, Rabu (18/9/2024). Koordinat gempa 7.19 Lintang Selatan dan 107.67 Bujur Timur.

“Mag:5.0, 18-Sep-24 09:41:08 WIB, Lok:7.19 LS,107.67 BT (24 km Tenggara KAB-BANDUNG-JABAR), Kedlmn:10 Km,” demikian keterangan yang ditulis BMKG yang dilihat MNC Portal Indonesia.



Adapun Titik gempa berada di 24 kilometer Tenggara Kabupaten Bandung, Jawa Barat dengan kedalaman 10 kilometer.
(kri)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More Content