Taiwan ICDF dan Unhas Berhasil Tingkatkan Varietas Padi Unggul di Sulsel

Rabu, 30 Agustus 2023 - 12:57 WIB
Taiwan ICDF dan Unhas berhasil tingkatkan Varietas Padi Unggul di Sulawesi Selatan. Foto/Istimewa
MAKASSAR - Jenis padi di Indonesia sudah lama menjadi daya tarik bagi masyarakat Taiwan. Kebutuhan padi sebagai bahan pokok menjadi dinamika yang harus dipecahkan karena masifnya perubahan iklim Dunia saat ini

Taiwan International Cooperation and Development Fund (ICDF) berkolaborasi dengan Universitas Hasanuddin (Unhas), Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel). Hasilnya, menciptakan bibit padi yang tahan hama dan cuaca.

”Demonstrasi drone dalam proyek ini telah mengeksplorasi penerapan teknologi modern di bidang pertanian, membuka kemungkinan-kemungkinan baru dalam produksi pertanian,” kata Chief of Thaiwan Technical Mission of Taiwan (ICDF) Kao Hsiang Tai, Rabu (30/8/2023).



Kegiatan ini memiliki tujuan untuk meningkatkan hasil varietas padi unggul, sehingga diharapkan dapat meningkatkan produksi dan kualitas beras secara keseluruhan, serta meningkatkan pendapatan produsen benih.



Sehingga melibatkan beberapa inisiatif seperti mempromosikan sawah seluas 400 hektar, mengadakan sesi pelatihan, dan merevisi manual budidaya padi, sehingga secara efektif mendorong pembangunan pertanian.

”Sebagai respons terhadap tantangan perubahan iklim, proyek ini telah memperkenalkan varietas padi asli Indonesia yang memiliki sifat tahan rebah dan pematangan awal, sehingga berkontribusi terhadap ketahanan iklim di wilayah tersebut,” ucapnya.

Demonstrasi drone dalam proyek ini telah mengeksplorasi penerapan teknologi modern di bidang pertanian, membuka kemungkinan-kemungkinan baru dalam produksi pertanian. Dampak proyek ini sangat mengesankan.

Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More