6 Fakta Cirebon, Kota Udang yang Terkenal dengan Kuliner Empal Gentong

Kamis, 17 Agustus 2023 - 15:32 WIB
Fakta Cirebon yang dijuluki sebagai Kota Udang. Foto/Instagram @keraton_kasepuhancirebon
JAKARTA - Cirebon merupakan salah satu Kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Barat . Wilayah ini juga menjadi pintu gerbang untuk Provinsi Jawa Tengah karena berbatasan langsung dengan Kabupaten Brebes di Timur.

Kabupaten ini memiliki daratan yang memanjang dari Barat Laut ke Tenggara. Wilayah ini juga merupakan salah satu daerah produsen beras yang terletak di jalur pantura.

Selain dari sejumlah fakta yang telah dibeberkan di atas, Kabupaten Cirebon masih menyimpan sejumlah fakta menarik lain. Berikut ini ulasannya.

Fakta Menarik Cirebon

1. Asal Usul Nama Cirebon



Sebutan Cirebon merupakan singkatan dari dua kata, "Ci" dan "Rebon". Dalam bahasa Sunda, ci atau cai berarti air, sedangkan rebon berarti udang. Oleh sebab itu, wilayah tersebut dijuluki sebagai Kota Udang.



Dalam sumber lain disebutkan bahwa Cirebon berasal dari kata "Caruban" yang berarti "campuran" atau "bersatu padu". Alasannya karena masyarakat Cirebon terdiri dari berbagai macam suku, seperti dari Jawa, Melayu, Sunda, China, dan Arab.

2. Punya Sejumlah Keraton



Terdapat empat keraton yang ada di Cirebon, di antaranya Keraton Kasepuhan, Keraton Kanoman, Keraton Kacirebonan, dan Keraton Kaprabonan.

Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More