Jambu Merah Dibidik Jadi Produk Ekspor

Selasa, 21 April 2015 - 03:05 WIB
Jambu Merah Dibidik Jadi Produk Ekspor
Jambu Merah Dibidik Jadi Produk Ekspor
A A A
KARANGANYAR - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar membidik komoditas jambu merah sebagai produk ekspor.

Alasannya, buah yang dihasilkan petani di Kecamatan Ngargoyoso tersebut telah mendapatkan sertifikasi Prima 3.

Kepala Dinas Pertanian, Perkebunan, dan Kehutanan (Dispertanbunhut) Karanganyar Supramnaryo mengatakan, produk jambu merah merupakan produk unggulan yang dapat diandalkan untuk masuk pasar internasional.

Setelah mendapatkan sertifikasi prima 3 yang menyatakan sebagai produk organik, permintaan dari perusahaan ke petani melonjak tajam. Namun produk yang dihasilkan secara kuantitas masih kurang.

“Permintaan dari perusahaan mencapai enam ton/hari, namun kemampuan petani baru satu ton/hari,” ungkap Supramnaryo, Senin (20/4/2015). Namun demikian, perusahaan tetap bersedia menerima meski jumlah kiriman masih di bawah yang diharapkan.

Selain ekspor dalam bentuk buah segar, nantinya juga akan diupayakan dalam bentuk kemasan, seperti minuman buah.

Langkah kerja sama dengan perusahaan tengah disiapkan agar aspek pemasaran yang sering dikeluhkan petani dapat terurai. Selain jambu merah, produk andalan lainnya yang juga dibidik untuk ekspor adalah buah melon, bahan untuk jamu, dan beras hitam.

Diakuinya, petani organik memang kesulitan untuk mendapatkan sertifikasi prima 3 secara perorangan. Sebab, biaya yang dibutuhkan tidak sedikit. “Kami akan berupaya membantu petani agar mendapatkan sertifikasi prima 3 agar langkah ekspor menjadi lebih mulus,” tandasnya.

Terlebih Pemprov Jateng telah memberikan kepastian mengenai anggaran sertifikasi guna membantu kelompok tani organik yang mendapat rekomendasi.

Dispertanbunhut akan terus menginventarisir berbagai produk yang layak ekspor. Agar kualitas dan kuantitasnya meningkat, sumberdaya petani juga harus ditingkatkan. Di antaranya dengan memberikan pendampingan ke petani melalui petugas penyuluh lapangan (PPL).

Bupati Karanganyar Juliyatmono dalam setiap kesempatan selalu mendorong masyarakat mengembangkan potensi lokal yang memiliki nilai ekonomis. “Petani harus dapat berkembang agar semuanya kaya. Caranya dengan angkat potensi lokal, pemerintah akan mewadahi dan memfasilitasi agar dapat berkembang,” tegas Juliyatmono.
(lis)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4320 seconds (0.1#10.140)