Ramai-Ramai Pakai Raje Mendare

Minggu, 12 April 2015 - 10:22 WIB
Ramai-Ramai Pakai Raje Mendare
Ramai-Ramai Pakai Raje Mendare
A A A
Sejak awal kemunculnya, batu akik Raje Mendare memang membuat masyarakat Pagaralam tertarik. Keunikannya makin menambah antusias masyarakat untuk ramai-ramai mengkoleksi dan menggunakan batu akik jenis ini.

Tak mau kalah, pejabat di lingkungan Pemkot Pagaralam juga diwajibkan menggunakan batu akik Raje Mendare ini. Selain lebih menghargai batu sendiri, menggunakan batu akik khas Besemah juga dipercaya bisa membuat lebih PD. Bahkan, ketika duduk santai tidak ada pekerjaan, obrolan mereka tidak jauh dari batu akik. Wali Kota Pagaralam dr Hj Ida Fitriati Basjuni mengatakan, batu akik Raje Mendare berasal dari kawasan Dusun Rimba Candi di Kecamatan Dempo Selatan.

Di mana, daerah tersebut berhubungan langsung dengan Bukit Raje Mendare yang berhubungan dengan Kaur Bengkulu dan Lampung. Sumber Daya Alam di kawasan tersebut sangat melimpah. Buktinya, hanya mencari batu akik kekayaan alam sudah terlihat sangat indah dan cantik. “Batu akik Raje Mendare adalah batu khas Kota Pagaralam yang berasal dari Kujung Bukit Raje Mendare.

Kekayaan alam ini mampu membius para pecinta batu akik baik di Kota Pagaralam maupun di luar Kota Pagaralam itu sendiri,” jelas Ida. Dengan adanya batu akik khas Besemah ini, pihaknya meminta agar seluruh pegawai di lingkungan Pemkot Pagaralam menggunakan batu akik Raje Mendare. Di mana, batu akik ini sangat cocok dipakai laki-laki maupun perempuan mengingat memiliki banyak corak dan warna.

Terlebih lagi, motif yang ditimbulkan dari batu akik ini juga sangat unik baik itu dari jenis Batik Besemah, merah darah dan lainnya. “Namun meskipun demikian kiranya masyarakat untuk tetap memperhatikan kondisi lingkungan. Jangan sampai karena ingin mencari rezeki dan keuntungan tetapi mengorbankan lingkungan sehingga akan berdampak pada bencana alam nantinya,” imbaunya.

Senada diungkapkan Wakil Wali Kota Pagaralam Novirzah Djazuli, pihaknya sangat mendukung para pecinta batu akik Besemah. Apalagi, saat ini batu akik khas Besemah sudah banyak dikenal karena keindahannya. Jadi, diharapkan masyarakat dapat menjadikan momen ini untuk memperkenalkan batu akik khas Besemah ini sehingga bisa seperti batu akik lainnya yang sudah terlebih dahulu terkenal.

“Sebagai upaya memperkenalkan batu akik Raje Mendare kita beberapa waktu lalu mengadakan kontes bahan batu akik. Dimana, kegiatan tersebut sangat ramai diikuti peserta. Bahkan, batu akik kita juga sudah ikut dikontes sekelas nasional dan mampu mencuri perhatian. Dalam waktu dekat juga kita akan mengadakan kontes dan diharapkan sebagai tolak ukur batu akik dari daerah kita ini,” paparnya.

Kabag Umum dan Perlengkapan Pemkot Pagaralam Marjohan Dera menuturkan, saat ini sudah banyak jenis batu akik miliknya. Namun, dari semua jenis batu akik batu jenis Raje Mendare menjadi andalan untuk dipakai sehari-hari. “Kalau melihat selintas pasti banyak temah yang tertarik. Hal ini karena batu akik Raje Mendare sangat istimewa dan memiliki keindahan tersendiri,” tukasnya.

Yayan darwansah
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9768 seconds (0.1#10.140)