Puan: Sumsel Sangat Serius - Siap

Rabu, 08 April 2015 - 10:24 WIB
Puan: Sumsel Sangat Serius - Siap
Puan: Sumsel Sangat Serius - Siap
A A A
PALEMBANG - Provinsi Sumsel dinilai sangat serius dan siap sebagai salah satu daerah penyelenggara pesta olahraga negara-negara Asia, Asian Games 2018.

Hal itu terungkap dalam rapat koordinasi tingkat menteri dalam rangka persiapaan SEA Games 2015 dan Asian Games XVIII 2018, di Jakarta kemarin. “Kalau Sumsel saja bisa membangun venue yang begitu megah, kenapa daerah lain tidak,” ujar Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI (Menko PMK) Puan Maharani usai mendengar paparan Gubernur Alex Noerdin yang menjelaskan ber bagai kesiapan Sumsel menyongsong Asian Games, di Jakarta kemarin.

Puan mengatakan, yang penting dalam Asian Games nanti Indonesia dapat memberikan yang terbaik demi merah putih, dengan membagun citra olah raga di dunia internasional yang menggelora. Menurutnya, setelah dalam penantian panjang Indonesia sejak tahun 1962 menjadi tuan rumah Asian Games, baru pada tahun 2018 akan men jadi tuan rumah kembali.

Hal ini tentunya harus ditangani secara serius, sebab kalau sampai gagal akan membuat nama bangsa dan negara tercoreng di dunia internasional. “Apabila kita mam pu menyelenggarakan Asian Games 2018 dengan baik bukan tidak mungkin kita juga akan bisa menjadi tuan rumah olimpiade,” katanya.

Ditambahkan Puan, paling tidak Indonesia harus meraih 3 sukses yaitu sukses penyelenggaraan, sukses prestasi dengan meperbaiki peringkat dan sukses ekonomi kerakyatan, seperti dengan merangkul sektor pariwisata. Kementerian Luar Negeri diharapkan terus berpromosi ke negara-negara peserta.

Selain itu, sesuai arahan presiden, pekerjaan ini harus melibatkan rakyat untuk berpartisipasi dengan meminimalisasi anggaran begara. Artinya, ini harus gotong-royong dengan melibatkan pihak swasta dan lainya. Sementara saat ini, pihaknya masih menunggu Kepres yang akan menentukan Palembang, Sumsel atau DKI Jakarta yang akan menjadi tuan rumah utama serta pembagian cabor yang akan digelar di masing masing daerah.

Hadir dalam rapat ini, selain Menpora Imam Nahrowi juga Menteri Pa riwisata dan Ekonomi Kreatif Arif Yahya, Wakapolri Badrodin Hai ti, Gubernur Sumsel Alex Noerdin, dan Ketua KONI Tono Suratman serta Ketua KOI Rita Subowo. Gubernur Sumsel Alex Noer din dalam paparannya menyam pai kan kesiapan Sumsel dalam menyelenggarakan Asian Games 2018 mendatang.

Menurut Alex, Sumsel sudah memiliki kawasan Jaka ba ring Sport City, suatu kawasan olahraga berstandar inter nasional yang terintegrasi. Hanya saja ting gal menambah kapasitas penon ton dibeberapa venueserta pemba ngunann tower untuk apartemen atlet yang nantinya setelah selesai Asian Games ini akan dijadikan pusat pelatihan dan asrama mahasiswa Institut Olahraga Indonesia (IOI).

Selain itu, Sumsel telah berpenga laman dalam menyelenggarakan eventevent olahraga Internasional mulai SEA Games, Islamic Solidarity Games, ASEAN University Games serta sejumlah gelaran olahraga tingkat internasional lainnya. Pada bagian lain, Menpora Imam Nahrowi mengatakan, sesuai arahan presiden, penyelenggaraan Asian Games 2018 mendatang harus berlangsung secara efisien dan efektif dengan melibat kan partisipasi masyarakat Indonesia serta harus memiliki nilai sejarah setelah tahun 1962 Indonesia men jadi Tuan Rumah Asian Games.

Sementara, untuk ke panitiaan masih menunggu Ke pres yang menurutnya, ketua pengarah langsung akan dipimpin presiden dan wakilnya adalah Menko PMK, sedangkan untuk Ketua Pelaksana adalah Menpora dan gubernur sebagai penyelenggara.

Rel/berli
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2695 seconds (0.1#10.140)
pixels