3 Terduga ISIS di Malang Kelompok Salim Mubaroq

Kamis, 26 Maret 2015 - 16:37 WIB
3 Terduga ISIS di Malang Kelompok Salim Mubaroq
3 Terduga ISIS di Malang Kelompok Salim Mubaroq
A A A
MALANG - Puluhan barang bukti berhasil disita Tim Densus 88 Antiteror dari tiga terduga anggota ISIS di Malang, yakni AHM, HA, dan Ahmad Junaedi. Barang bukti itu, disita saat penangkapan maupun penggeledahan di rumah mereka masing-masing.

Kepala Polisi Daerah Jawa Timur Inspektur Jenderal Polisi Anas Yusuf mengatakan, mereka merupakan anak buah Salim Mubaroq Atamimi. Ketiganya memiliki peran berbeda, seperti perekrut, pelatih, serta bongkar pasang senjata.

"Semua barang bukti akan diteliti di Mako Brimob Ampeldento, Malang," kata Anas Yusuf, saat jumpa pers, di depan Mapolres Malang Kota, Kamis (26/3/2015).

Beberapa barang bukti yang berhasil disita, di antaranya berupa seragam loreng, pisau sejenis sangkur, beberapa compact disk, serta buku-buku, dan beberapa dokumen.

Menurut Kapolda, ketiga orang yang ditangkap ini baru beberapa bulan lalu kembali dari Syiria, dan bergabung dalam kelompoknya Salim Atamimi.

Saat ini, petugas sedang mengembangkan untuk mengungkap adanya kelompok lain. Sebab, dari keterangan salah satunya berhasil merekrut 18 orang di Malang. "Ini masih kami dalami," katanya.

Menurutnya, dari keterangan mereka rata-rata bergabung karena desakan ekonomi dan tergiur janji-janji mendapat upah. Namun, janji itu tidak sesuai dengan apa yang dijanjikan.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.0243 seconds (0.1#10.140)