OCBC NISP Literasi Mahasiswa Soal Perbankan

Jum'at, 06 Maret 2015 - 11:12 WIB
OCBC NISP Literasi Mahasiswa Soal Perbankan
OCBC NISP Literasi Mahasiswa Soal Perbankan
A A A
PALEMBANG - Bank OCBC NISP Palembang mengawali Maret tahun ini dengan memberikan edukasi dan literasi keuangan dan perbankan kepada 90 mahasiswa di Kampus MDP Palembang. Edukasi dan literasi sehari tersebut bertujuan membekali mahasiswa, khususnya dalam menghadapi penerapan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015 mendatang.

"Program edukasi dan literasi itu menjadi tanggung jawab perusahaan, terutama dalam program Corporate Social Responsibility (CSR) bidang pendidikan. Program literasi keuangan dan perbankan ini sudah berjalan sejak tahun 2007 lalu," kata Consumer and Secured Loan Distribution Head Bank OCBC NISP, Nurwati, kemarin. Menurut dia, program ini sejalan dengan upaya mendukung program Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam memberikan edukasi dan literasi keuangan perbankan kepada masyarakat.

Dalam workshop ini, masih kata dia, pihaknya mengambil tema "challenges and opportunities in AEC 2015.” Sebab, diberlakukannya MEA 2015 memerlukan berbagai kesiapan dan antisipasi. "Paling tidak para mahasiswa dapat memahami apa itu MEA. Kesiapan yang diperlukan menghadapi MEA seperti apa. Dengan literasi dan edukasi ini diharap mahasiswa dapat dibentengi ilmu mengenai perbankan.

Materi yang diberikan yakni smart wealth management, banking in sophistication dan career in banking," ujarnya. Dia mengilustrasikan seperti pengenalan dunia wealth management, pihaknya memberikan pembelajaran tentang cara berinvestasi dengan tepat sekaligus membuat perencanaan keuangan baik. Di samping program CSR, pihaknya juga menyelenggarakan program lain seperti pembangunan dan renovasi sarana prasarana sekolah, program I Love Science bagi pelajar SD serta program kewirausahaan bagi mahasiswa.

"Kami juga berikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengembangkan kariernya dalam dunia perbankan. Tentunya melalui penyaringan seleksi ketat," jelasnya. Kedepan, pihaknya tetap berkomitmen mengimplementasikan program CSR bidang pendidikan sekaligus komitmen Bank OCBC NISP sebagai your partner for life bagi seluruh stakeholder. Sementara itu, Arnold, mahasiswa Jurusan Sistem Informasi STMIK MDP Palembang mengaku sangat mengapresiasi langkah Bank OCBC NICP dalam memberikan literasi keuangan dan perbankan kepada mahasiswa.

Apalagi dalam waktu dekat ini akan diberlakukannya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) Desember 2015. "Pemahaman mengenai keuangan dan perbankan terbilang sangat penting bagi mahasiswa guna menambah wawasan dan pengetahuan mahasiswa itu sendiri. Kami harap kegiatan ini dapat dilakukan secara berkelanjutan," kata mahasiswa semester 10 ini.

Darfian jaya suprana
(bhr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6288 seconds (0.1#10.140)