Fokus Peningkatan Layanan Bagi Pencari Keadilan

Selasa, 24 Februari 2015 - 09:21 WIB
Fokus Peningkatan Layanan...
Fokus Peningkatan Layanan Bagi Pencari Keadilan
A A A
PALEMBANG - Mantan Ketua Pengadilan Negeri (PN) Samarinda Sugeng Hiyanto, kini resmi menjabat Ketua PN Klas I A Khusus Palembang menggantikan Ade Komarudin yang dipromosikan menjabat hakim tinggi di Pengadilan Tinggi (PT) Sumatera Utara.

Sugeng Hiyanto saat dibincangi mengaku siap menjalankan tugas barunya dan berjanji akan terus melanjutkan, apa yang sudah dilakukan pejabat lama, di PN Palembang. Dia bertekad, dapat meningkatan kualitas kepemimpinan dan layanan informasi terkait peradilan di wilayahnya kepada publik.

”Semua yang baik-baik, berkaca pada visi-misi PN Palembang, maka saya siap melaksanakannya termasuk reformasi birokrasi dan layanan umum (publik) yang baik pada masyarakat dan pencari keadilan,” ungkapnya. Ketua PT Palembang Nommy HT Siahaan mengatakan, pejabat baru Ketua PN Palembang ini diharapkan sukses menjalankan tugasnya di tempat baru.

”Saya mengingatkan, PN Palembang sebagai Pengadilan Klas I A tentu memiliki kompleksitas di dalamnya. Ada hal-hal khusus harus dilaksanakan, namun kami yakin pejabat baru ini sanggup menjalankan program kepemimpinan dengan baik dengan motode kerja yang membawahi seluruh unsur dan unit sesuai sistem perundan-undangan dan juga kebijakan MA,” ujarnya pada acara pengambilan sumpah, pelantikan dan sertijab Ketua PN Palembang, di aula PN Palembang, kemarin.

Dituturkannya, sejak awal menjabat Ketua PT Palembang dirinya menyoroti PN Palembang karena dinilai sebagai pengadilan negeri yang cukup dinamis perkembangannya. Diakuinya, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, diantaranya soal pelayanan publik yang sudah berjalan baik agar dapat lebih dioptimalkan lagi. Sebab sebagai pengadilan yang berstatus khusus ini memang mempunyai berbagai problem dan dinamika yang harus dikelola dengan baik agar dapat berjalan sesuai visi misi yang ditetapkan MA.

”Terkait kebijakan yang kita terapkan, tentu saja ada hal-hal yang bersifat resisten atau tidak di sukai, namun semua itu tak lain untuk mengembalikan marwah pengadilan sebagai institusi pelayanan publik tempat institusi ini dapat memberikan rasa keadilan bagi seluruh pencari keadilan dan juga masyarakat,” tukasnya. Dikatakannya, pihaknya selalu siap membantu pembenahan yang dibutuhkan di PN Palembang. Seandainya ada tindakan atau kebijakan yang dilakukannya di PN Palembang, tak lain semata hanya untuk kembalikan situasi kondisi yang lebih baik.

”Jika tak berkenan atau ada hal yang tak disuakai misalnya, maka harus dipahami bahwa itu tak lain semata untuk menegakkan marwah pengadilan sebagaimana mestinya dan tentu memberikan keadilan,” tandas nya. Humas PT Palembang Eka Kartika menambahkan, dalam setiap periode kepemimpinan tentu saja terdapat kelebihan dan kekurangan.

”Kita berharap, pejabat baru dapat melanjut kan program yang sudah diterapkan oleh pejabat sebelumnya dengan lebih baik. Terpenting dalam mengoptimalkan penanganan perkara sesuai dengan aturan, dan peningkatan pelayanan publik dalam mengakses informasi secara baik,” harapnya.

Sementara itu, Ade Komarudin, yang siap menjalankan tugas barunya sebagai hakim tinggi di PT Sumut mengaku, siap mengemban amanah pada tugas barunya di pengadilan tingkat banding tersebut. ”Saya berupaya sebaik mungkin menjalani tugas di tempat yang baru sesuai tupoksi,” pungkasnya.

Retno palupi
(bhr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1888 seconds (0.1#10.140)