Bersepeda Sambil Mengenal Wisata DIY

Kamis, 19 Februari 2015 - 03:05 WIB
Bersepeda Sambil Mengenal Wisata DIY
Bersepeda Sambil Mengenal Wisata DIY
A A A
Mengenal ragam wisata yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) tidak hanya bisa dilakukan dengan kendaraan bermotor. Lewat bersepeda pun, anda juga bisa mengenalnya.

Selain menjajal trek - trek jalanan yang menantang dalam Jogja Fun XC 2015.

"Jogja Fun XC 2015 merupakan event berskala nasional perdana. Yang meramu wisata petualangan bersepeda cross country dengan keindahan alam dan nilai budaya Yogyakarta," ujar Perwakilan Kalya Organizer, Septiadi Pityanta, selaku penyelenggara kepada wartawan di Greenhost Boutique Hotel Yogyakarta, Rabu (18/2/2015).

Dengan adanya kegiatan tersebut, diharapkan akan sekaligus menjadi momentum untuk memperkenalkan berbagai lintasan sepeda di Yogyakarta yang unik, menarik, dan menantang.

Di samping mengangkat budaya lokal lewat keunggulan desa wisata yang belum pernah diekspose, dan menyajikan keindahan Yogyakarta yang sudah tersohor akan budaya dan keindahan alamnya, dengan cara yang ramah lingkungan.

Event ini akan digelar pada 1-3 Mei 2015. Melintasi Kabupaten Bantul, Sleman, dan Kota Yogyakarta. Pada hari pertama akan tempuh jarak 80 kilometer (km), dengan menjelajah kaki gunung Merapi.

Kemudian pada hari kedua akan menempuh jarak 30 km. Dengan menjelajah rute wisata heritage dan selusur desa wisata yang ada di wilayah Kabupaten Bantul. Di akhir rute, sejumlah 150 peserta yang ditargetkan akan ditantang mengikuti Fun Race XC dengan jarak tempuh lima km.

Kemampuan sepeda dan peserta akan diuji di trek Sempu Bike Park, yang sengaja dibuat untuk kegiatan tersebut. Untuk diketahui, medan Sempu Bike Park termasuk single track, pegunungan karet yang bercampur tanah liat dan apabila hujan maka akan menjadi licin.

Untuk bisa melewati trek ini diperlukan kombinasi power, strenght, technical, balancing, reaction, coordination, flexibility, agility, dan speed, yang bisa membantu peserta untuk menyelesaikan fun race tersebut.

Di sisi lain, pada hari pertama peserta juga akan mendapatkan coaching clinic dari atlet - atlet sepeda lokal maupun nasional. Yang bermanfaat memberikan edukasi tentang sepeda cross country.

Untuk bisa mengikuti kegiatan tersebut, peserta dikenakan biaya Rp800.000,- (non hotel), Rp1.650.000,- (shared room hotel), dan Rp 2.700.000,- (single room hotel). Pendaftaran dibuka pada 18 Februari - 18 April 2015. Informasi selengkapnya bisa mengakses www.jogjafunxc.com.
(lis)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5901 seconds (0.1#10.140)