Lengkapi Sumpah Pemuda, Kongres KNPI Digelar di Papua

Senin, 09 Februari 2015 - 23:14 WIB
Lengkapi Sumpah Pemuda, Kongres KNPI Digelar di Papua
Lengkapi Sumpah Pemuda, Kongres KNPI Digelar di Papua
A A A
JAKARTA - Kongres Komite Pemuda Indonesia (KNPI) ke XIV akan digelar tanggal 25-28 Februari 2015, di Jayapura, Papua. Sejak berdiri 1973 silam, ini merupakan yang pertama kali di adakan di wilayah Timur Indonesia.

Ketua Umum DPP KNPI Taufan E N Rotorasiko menegaskan, kongres kali ini akan memiliki perjalanan sejarah penting, dan perjuangan pemuda Indonesia. Menurut dia, kongres KNPI di Papua ini akan melengkapi Sumpah Pemuda Indonesia yang telah terselenggara tanggal 27-28 Oktober 1928 di Jakarta.

"Saat Sumpah Pemuda pertama kali dideklarasikan pada tahun 1928 telah dihadiri oleh beberapa organisasi pemuda dari berbagai daerah yakni Jong Java, Jong Ambon, Jong Celebes, Jong Batak, Jong Sumatranen Bond, dan tidak ada Jong Papua," papar Taufa dalam siaran persnya, Senin (9/2/2015).

Melalui kongres KNPI ke XIV di Jayapura, Papua, kata dia, melengkapi Sumpah Pemuda yang dideklarasikan tahun 1928. Kongres KNPI di Kota Jayapura, di Papua juga merupakan penegasan bahwa Provinsi Papua adalah propinsi yang aman untuk pembangunan ekonomi dan tujuan wisata.

"Diharapkan Kongres KNPI di Papua mendorong percepatan Provinsi Papua mencetak pemuda pemudi menuju kepemimpinan nasional maupun internasional," harapnya.

Ketua DPD KNPI Papua Max ME Olua menjelaskan, Papua adalah bagian integrasi dari Indonesia. Dengan menyelenggaraan kongres KNPI tepatnya di Jayapura Papua ini bermakna akan makin mengintegerasikan pemuda Papua ke dalam NKRI.

"Kami mau menegaskan kepada seluruh rakyat Indonesia dan juga dunia, bahwa Papua adalah bagian dari bangsa dan negara Indonesia. Papua juga bagian dari NKRI," ucapnya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3456 seconds (0.1#10.140)