PHRI Sumsel Siapkan 10.000 Kamar

Senin, 02 Februari 2015 - 11:03 WIB
PHRI Sumsel Siapkan 10.000 Kamar
PHRI Sumsel Siapkan 10.000 Kamar
A A A
PALEMBANG - Guna menyambut event internasional Asian Games tahun 2018 mendatang, Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sumsel akan menyiapkan 10.000 unit kamar hotel.

Unit kamar tersebut dipersiapkan jauh hari untuk para atlet, ofisial, dan para tamu dari berbagai negara peserta Asian Games. "Sampai saat ini, Palembang, Sumsel memiliki 138 perhotelan, di antaranya 43 hotel berbintang dengan dominasi berada di Palembang dengan ditunjang hingga 7.000 unit kamar yang ada. Kondisi saat ini tidak mungkin mampu menampung para tamu yang datang mengingat kuantitas tamu bisa mencapai 10.000 orang,” kata Ketua PHRI Sum sel Herlan Aspiudin, kemarin.

Langkah untuk memenuhi kebutuhan kamar bagi para tamu Asian Games, lanjut dia, hingga tahun 2018 mendatang akan ada penambahan sekitar 30 hotel sehingga asumsinya total kapasitas kamar dapat terpenuhi di angka 10.000 unit kamar. Di samping itu, pihak Pemerintah Provinsi Sumsel pun juga akan menyiapkan pembangunan mes di kawasan Jakabaring.

“Kami mendapatkan informasi kalau pihak Pemprov Sumsel juga akan melakukan pembangun mes untuk menampung para atlet, ofisial, dan para tamu yang akan memeriahkan Asian Games itu," terangnya. Bahkan, pihaknya juga telah memiliki langkah antisipatif dengan menyiapkan kapal pesiar seperti perhelatan event inter nasional beberapa waktu lalu.

Dari sisi pelayanan, masih kata Herlan, pihaknya juga terus berupaya maksimal melanjutkan program sertifikasi profesi bagi 1.000 karyawan hotel dan restoran yang ada di Kota Palembang hingga daerah lain dalam Sumsel. "Program sertifikasi tahun ini mendapatkan dukungan dari pengurus PHRI Jawa Barat dan Jawa Timur untuk menggunakan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) kedua provinsi itu. Ini diwujudkan dalam bentuk sharring kerja sama dengan PHRI JabardanJatim,” ucapnya.

Dia mengklaim saat ini baru sekitar 2.000 karyawan hotel yang telah lulus sertifikasi dari 6.000 karyawan hotel kelas melati dan berbintang yang tersebar di 17 kabupaten dan kota di Sumsel.

Dengan dibekali sertifikasi profesi itu, pihaknya berharap karyawan hotel dan restoran di Sumsel dapat bekerja lebih profesional dan dapat diandalkan dalam rangka mendukung Kota Palembang menjadi tuan rumah Asian Games serta penyelenggaraan event berskala internasional lainnya.

Darfian Jaya Suprana
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5956 seconds (0.1#10.140)