Wali Kota Batam Mekarkan Sejumlah Kecamatan

Minggu, 04 Januari 2015 - 01:43 WIB
Wali Kota Batam Mekarkan Sejumlah Kecamatan
Wali Kota Batam Mekarkan Sejumlah Kecamatan
A A A
BATAM - Wali Kota Batam Ahmad Dahlan mengatakan, Pemkot Batam berencana melakukan pemekaran kecamatan pada akhir 2015 ini. Hal ini menurutnya sudah layak dilakukan mengingat jumlah penduduk Batam yang terus bertambah.

Dia mengakui, bila ada pemekaran, harus ada tambahan pegawai. Dan konsekuensinya, anggaran belanja tidak langsung di APBD akan bertambah. Namun dia menjamin, antara belanja langsung dan tidak langsung tetap akan berimbang.

“Anggarannya siap, karena pendapatan kita tahun depan bisa tembus Rp600 miliar. Tapi tetap harus berimbang antara belanja langsung dan belanja tidak langsung. Itu prinsip,” ujarnya, kepada wartawan, Sabtu (3/1/2015).

Menurut Dahlan, kondisi saat ini tidak lagi ideal. Satu kecamatan harus melayani hingga seratusan ribu orang. Dia mencontohkan, di Kecamatan Sagulung ada 160 ribuan penduduk. Sementara pegawai yang melayani 130 orang.

“130 orang mengurus 160 ribu orang. Bayangkan itu, kurang,” katanya.

Idealnya, kata Dahlan, dengan jumlah penduduk 1,3 juta jiwa. Jika dibagi rata dengan 12 kecamatan, maka satu kecamatan sekitar 100 ribu penduduk, di mana terdapat empat kelurahan dan setiap kelurahan mengurus 25 ribu penduduk.

Paling tidak, dengan penambahan 10 kecamatan baru, akan menambah camat, dan setiap kecamatan memiliki empat kelurahan. Jadi membutuhkan 40 lurah.

“Seperti contoh, Kecamatan Batam Kota yang memiliki 190 ribu jiwa itu bisa dibagi menjadi tiga kecamatan. Begitu juga Sagulung bisa tiga kecamatan. Sementara Nongsa, karena baru, akan dibagi dua kecamatan," jelasnya.

Ditambahkan dia, saat ini pihaknya tengah mengkaji rencana pemekaran kecamatan itu, dan semua, akan dikebut sebelum masa jabatannya berakhir.

"Cepat atau lambat, harus dilaksanakan pemekaran kecamatan ini. Dengan pemekaran seharusnya jangkauan pelayanan kepada masyarakat harus semakin efisien dan efektif karena masyarakat dapat langsung mendapatkan layanan oleh aparat,” katanya.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8796 seconds (0.1#10.140)