Perluas Pencarian, Tim SAR AirAsia Susuri Pantai

Kamis, 01 Januari 2015 - 22:04 WIB
Perluas Pencarian, Tim...
Perluas Pencarian, Tim SAR AirAsia Susuri Pantai
A A A
PANGKALAN BUN - Di hari kelima evakuasi AirAsia, Tim SAR tak hanya melakukan pencarian di area perairan Selat Karimata. Tim SAR juga memperluas area pencarian hingga ke daratan.

Menurut Deputi Potensi Basarnas Marsda Sunarbowo, perluasan pencarian itu dilatari adanya kemungkinan korban terdampar di pantai sekitar lokasi jatuhnya pesawat. Untuk itu, personel TNI AD dan Polri dikerahkan ke pantai-pantai yang ada di sekitar area.

Tak hanya itu, para bupati yang memimpin wilayah di area pencarian juga telah mengimbau kepada para nelayan untuk turut mencari korban dan serpihan pesawat.

"Dari TNI AD, Polri sudah dikerahkan aparat sampai pantai-pantai. Bupati-bupati juga sudah kerahkan nelayan," kata Sunarbowo dalam konferensi pers di Posko Utama Pencarian Pesawat AirAsia QZ8501 di Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah, Kamis (1/1/2015).

Sunarbowo menambahkan, personel TNI AD, dan Polri dikerahkan lantaran memiliki struktur hingga menyentuh lapisan masyarakat di tingkat desa.

"Anggota TNI AD yang bertugas mulai dari Kodim, Koramil hingga Babinsa serta personel kepolisian dari Polres, Polsek hingga Babin Kamtibmas dan para nelayan telah dikerahkan menyusuri daratan garis pantai sepanjang 150 kilometer," ujarnya.

Meski demikian, kata Sunarbowo, hingga kini belum ada informasi mengenai penemuan korban dan serpihan pesawat di daratan.

"Sudah dikerahkan sampai 150 km tapi belum ditemukan jenazah yang merapat ke pantai. Tapi mereka sudah berusaha mencari yang dekat ke permukimam mereka," tutup Sunarbowo.
(hyk)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1305 seconds (0.1#10.140)