Gunung Gamalama Muntahkan Abu Vulkanik Setinggi 1.500 Meter

Sabtu, 20 Desember 2014 - 17:04 WIB
Gunung Gamalama Muntahkan Abu Vulkanik Setinggi 1.500 Meter
Gunung Gamalama Muntahkan Abu Vulkanik Setinggi 1.500 Meter
A A A
TERNATE - Gunung Gamalama di Ternate, Maluku Utara, Sabtu (20/12/2014) sekitar pukul 15.40 Wit kembali erupsi dan memuntahkan abu vulkanik setinggi 1.500 Meter. Erupsi Gunung api Gamalama juga diikuti oleh puluhan gempa tremor.

Menurut Kepala Pos Pemantau Gunung Api Gamalama Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Darno Lamane, meski terus erupsi dan menghembuskan abu vulkanik warga diimbau tetap tenang dan terus meningkatkan kewaspadaan serta menjalin komunikasi dengan pihak pemerintah setempat. “Sejak Kamis 18-20 gunung api ini sudah mengalami letusan sebanyak lima kali, “ kata Darno.

Warga yang ada di wilayah Kota Ternate Tengah dan Utara, kata dia, agar tetap waspada karena aktivitas Gunung Gamalama masih terus aktif dan bahkan memiliki potensi letusan yang lebih dahsyat.

Pihak PVMBG, kata Darno, tidak bisa memprediksikan kapan berakhirnya letusan Gunung Gamalama dia mengaku hanya bisa mengikuti perkembangan dan terus memantau aktivitas gunung tersebut.

Menurut dia, abu vulkanik Gunung Gamalama ini berdampak pada warga di sejumlah wilayah di Kota Ternate Utara dan Ternate Tengah. Bahkan sejumlah kendaraan tak luput dari terpaan hujan abu vulkanik.

Letusan ini, timpal dia, tidak membuat warga Kota Ternate panik dan tetap beraktivitas seperti biasa. Namun letusan ini sempat menjadi tontonan sejumlah warga sejak meletus pada hari Kamis lalu.

“Status Gunung Api Gamalama masih siaga level tiga dan terus menunjukkan aktivitasnya dan sudah lima kali meletus terhitung hingga hari ini,” tandas dia.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5625 seconds (0.1#10.140)