Kapal Pengangkut BBM Meledak di Dermaga Rakyat

Jum'at, 12 Desember 2014 - 15:31 WIB
Kapal Pengangkut BBM...
Kapal Pengangkut BBM Meledak di Dermaga Rakyat
A A A
BAUBAU - Kapal pengangkut Bahan Bakar Minyak (BBM) meledak, dan terbakar di Dermaga Rakyat, Sulaa, Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra), tadi siang. Tidak ada korban jiwa dalam insiden ini. Namun satu ABK menderita luka bakar serius.

Berdasarkan informasi yang terhimpun, peristiwa itu terjadi saat Kapal Motor (KAM) Cahaya Alam 2 memuat 30 ton BBM, di Dermaga Sulaa. Usai melakukan pengisian BBM dari mobil tangki, kapal langsung meledak.

BBM yang diangkut dalam kapal itu berjenis premium, dan minyak tanah. Rencananya, bahan bakar itu akan dibawa menuju ke Pulau Kabaena, tepatnya di Desa Sikeli, Kabupaten Bombana.

Nahas, belum sempat berangkat, kapal meledak ketika nakoda, dan ABK sedang beristrahat. Peristiwa yang berlangsung cepat ini sempat mengagetkan warga di sekitar pelabuhan.

Nakoda kapal berserta dua orang ABK yang selamat, berhasil melompat ke laut saat terjadi ledakan. Sedangkan satu ABK lainnya, saat kapal meledak masih berada di dalam kapal, dan terlambat lompat.

Penyebab terbakarnya KM Cahaya Alam 2 ini, hingga kini masih dalam penyelidikan polisi. Kapal Cahaya Alam 2 ini diketahui memuat 15 ton premium, 10 ton solar, dan lima ton minyak tanah.

BBM ini akan didistribusikan menuju Kecamatan Kabaena Barat, Kabupaten Bombana. Api baru dapat dipadamkan sejam kemudian, setelah dua unit mobil pemadam kebakaran diterjunkan untuk memadamkan api.

Sementara itu, ABK yang mengalami luka bakar, kini sudah dirawat di RSUD Palagimata Kota Baubau.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1306 seconds (0.1#10.140)