Angin Puting Beliung Terjang Porong

Jum'at, 05 Desember 2014 - 21:26 WIB
Angin Puting Beliung Terjang Porong
Angin Puting Beliung Terjang Porong
A A A
SIDOARJO - Angin puting beliung menerjang kawasan RT 07 RW 03, Desa Candi Pari dan RT 03 RW 04 Desa Lajuk, Kecamatan Porong. Akibatnya, puluhan rumah atapnya berantakan diterjang angin yang berhembus kencang kurang dari lima menit tersebut pada Jumat (5/12/2014).

Puting beliung datang sesaat sebelum turun hujan dan menyapu atap rumah warga di dua desa itu. Warga dibuat panik ketika melihat genteng rumah beterbangan dan runtuh.

"Angin datangnya cepat dan atap rumah sudah porak-poranda," ujar Arif, salah satu warga Candi Pari, Jumat (5/12/2014).

Rumah yang kerusakannya cukup parah menimpa rumah Alimah, karena atapnya porak poranda. Warga kemudian bergotong royong membenahi atap rumah warga yang rusak. Tidak ada korban jiwa dalam musibah ini.

Angin puting beliung juga menerjang rumah warga Desa Lajuk, Kecamatan Porong. Beberapa rumah warga atapnya rusak.

Salah satunya, menimpa rumahnya Iskak (65) warga RT 03 RW 04 itu. Iskak mengalami luka di kepala sebelah kana dan harus mendapat 12 jahitan karena tertimpa atap rumah.

Iskak juga sempat terseret lima meter saat angin kencang itu menyambar rumahnya. Saat angin datang dia sedang duduk di teras rumahnya.

"Saat duduk di teras rumah saya sempat terseret angin sampai tubun saya berputar beberapa kali," jelasnya.

Sekedar diketahui, Kabupaten Sidoarjo masuk dalam kawasan berpotensi bencana yang perlu mendapatkan perhatian serius. Salah satunya, bencana angin puting beliung yang datang saat musim hujan.

Untuk puting beliung biasanya terjadi di sejumlah wilayah kecamatan. Setidaknya ada tujuh kecamatan yang berpotensi terkena puting beliung. Yakni, Sedati, Waru, Krian, Wonoayu Sukodono, Taman dan Tanggulangin.

Kawasan tersebut sering diserang puting beliung yang mengakibatkan terjadinya kerusakan. Karena itu harus ada antisipasi agar masyarakat bisa waspada.

"Kalau ada bencana harus segera ditangani, BPBD bisa mengambil dana tak terduga," ujar Wakil Bupati Sidoarjo HMG Hadi Sutjipto.

Sedangkan BPBD meninjau lokasi yang terkena bencana puting beliung untuk segera ditangani. Jik perlu mendapat bantuan, tentu akan dibantu sesuai kebutuhan.

"Kalau termasuk bencana sudah jelas akan dibantu sesuai kriterianya," ujar Kepala BPBD Sidoarjo, Dwijo Prawito.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3668 seconds (0.1#10.140)