Warga Heboh Pisang Bertandan Kembar

Kamis, 04 Desember 2014 - 11:07 WIB
Warga Heboh Pisang Bertandan Kembar
Warga Heboh Pisang Bertandan Kembar
A A A
PAGARALAM - Masyarakat di Kelurahan Rebah Tinggi, Kecamatan Dempo Utara mendadak heboh.

Pasalnya, di jalan pertanian tembus dusun Jangga ke Sumber Jaya terdapat pisang ambon bertandan kembar. Pantauan KORAN SINDO PALEMBANG, pisang ambon bertandan kembar atau dalam satu pohon terdapat dua tandan. Pisang itu ditemukan Tansri, 46, warga setempat. Awalnya, tidak ada kelainan dengan pisang tersebut. Namun, setelah diperiksa ada satu pohon pisang yang memiliki dua tandan buah.

Menurut Tansri, kondisi pohon pisang sama seperti pohon lainnya. Tetapi, dari satu rumpun pohon ada satu yang aneh karena berbuah kembar. Karena pohon pisang terletak tepat di tepi jalan membuat warga yang melintas keheranan. “Pohon pisang ini milik paman saya,” katanya, kemarin.

Pohon pisang bertandan kem bar ini, jelas Tansri, dari segi pohon sama dengan yang lainnya. Namun, dari satu rumpun pohon pisang pohon yang bertandan kembar inilah yang lebih tinggi dibandingkan pohon pisang lainnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Kota Pagaralam Jumaldi Jani menuturkan, cukup banyak ditemukan keanehan terhadap pohon pisang. Ada yang bertandan lima, tiga dan saat ini dua. “Kemungkinan besar ini kelainan genetik,” ucapnya.

Yayan Darwansah
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5433 seconds (0.1#10.140)