Medco Bantu Pasokan Gas ke PLTGU Borang

Jum'at, 07 November 2014 - 18:13 WIB
Medco Bantu Pasokan Gas ke PLTGU Borang
Medco Bantu Pasokan Gas ke PLTGU Borang
A A A
PALEMBANG - PT Medco Indonesia tetap berkomitmen memasok gas untuk pembangkit listrik di Borang selama krisis listrik di Sumsel. Bantuan ini diberikan atas kebijakan Direk torat Jenderal Minyak dan Gas Kementerian ESDM sampai waktu yang belum ditentukan.

Seperti diketahui, pengoperasian pembangkit listrik gas dan uap (PLTGU) Borang dilakukan PLN setelah pembangkit listrik Asrigita mengalami kerusakan. Manager of PA Security Indonesia West, Sutami mengata kan, total penyaluran gas ke pembangkit listrik Borang sebesar 24 MMSCFD, yang terdiri dari 12 MMSCFD dari Medco Indonesia dan 12 MMSCFD dari Pertamina EP.

“Kami sudah menyalurkan gas ke pembangkit listrik Bo rang sejak 2 November 2014,” ujar Sutami dalam kun jungan nya ke kantor biro KORAN SINDO PALEMBANG yang diterima Kabiro Aina Rumiyati Aziz dan staf, kemarin. Suplai gas ini, diakuinya, tentu membuat pihaknya sedikit merugi lantaran tidak adanya ikatan tertulis yang resmi.

Namun mengingat kondisi kebutuhan listrik yang darurat ter sebut, pihaknya tetap membantu sesuai permintaaan Kementerian ESDM. “Kalau me mang dikatakan untuk mem bantu kepentingan negara ya kami ikuti kebijakan itu. Kalaupun nanti ternyata ada perhitungan tertentu untuk Medco, tentu itu menjadi ka bar menggembirakan,” tuturnya.

Terkait perkembangan peru sahaan, Sutami menyebutkan, pihaknya masih memiliki kontrak kepada negara dengan pembiayaan operasional ber dasarkan hasil produksi sendiri. Karena transaksinya ke negara, maka tidak heran keberadaan Medco dianggap tidak memberi kontribusi kepada masyarakat secara langsung.

“Bagi hasil diatur negara sebesar 87%, ke Pemprov 15%, dan ke kabupaten/kota 6%,” sebut dia. Saat ini, saluran migas dari Medco tercatat ke delapan kabupaten/kota di Sumsel. Adapun cadangan bahan baku terdapat di tiga titik, yakni Rimau (Muba) untuk sumber minyak, South Sumatera Blok untuk minyak dan gas, dan Lematang khusus untuk gas.

“Sebanyak 40% produksi kami salurkan ke Pusri sebagai bahan baku pupuknya, sisanya ke PGN dan lain-lain,” jelas dia. Dalam kesempatan yang sama, Group Lead Media Re lation Leony Lervyn mengatakan, pihaknya saat ini tengah membangun komunikasi dan silaturahmi dengan media lokal di Sumsel.

Mengingat selama ini Medco memiliki beragam program pelayanan untuk ke pe ntingan masyarakat. “Sosialisasi melalui media tentu menjadi bagian penting untuk mem perluas kinerja memenuhi kesejahteraan masyarakat,” ucapnya.

Yulia savitri
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.9932 seconds (0.1#10.140)