Ida I Dewa Agung Istri Kanya, Wanita Besi dari Bali

Senin, 03 November 2014 - 05:03 WIB
A A A
Tim verifikasi dari pusat pun pernah menyurvei dan mencari data-data tentang Dewa Agung Istri Kanya. "Yang jelas ada data atau syarat yang kurang untuk menjadikan Ida I Dewa Agung Istri Kanya ini sebagai pahlawan nasional, tapi kekurangannya itu kami belum tahu. Pihak Kabupaten Klungkung tidak pernah memberitahukan kepada kami apa yang masih kurang yang diminta oleh pemerintah pusat."

Dalam perkembangan terakhir, usulan menjadikan Dewa Agung Istri Kanya sebagai pahlawan nasional mulai meredup. "Yang jelas, kalau Kabupaten Klungkung masih mendorong Ida I Dewa Agung Istri Kanya ini sebagai pahlawan nasional, kami mendukung. Terakhir kami komunikasi masalah ini sekitar tahun 2010."

Terlepas dari mulai meredupnya usulan itu, kepada Sindonews.com, seorang warga Klungkung tetap berharap agar Dewa Agung Istri Kanya bisa masuk daftar pahlawan nasional.

"Ida I Dewa Agung Istri Kanya merupakan perempuan satu-satunya yang berani melawan penjajah saat itu. Kita sebagai penerus bangsa, harus melihat sejarah bahwa di Bali juga memiliki srikandi yang hebat," kata warga Klungkung, IGA Ayu Diah Utami.

Sumber: www.balisaja.com.
(zik)
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
berita/ rendering in 0.1061 seconds (10.55#12.26)