Tim Gabungan Sidak Pasar Modern di Bandung

Selasa, 30 September 2014 - 15:03 WIB
Tim Gabungan Sidak Pasar Modern di Bandung
Tim Gabungan Sidak Pasar Modern di Bandung
A A A
BANDUNG - Tim gabungan melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah pasar modern di Kota Bandung.

Tim gabungan itu terdiri dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Distan KP), Dinas Koperasi, Perindustrian, dan Perdagangan (Diskoperindag), Dinas Kesehatan, Satpol PP, serta BPOM Kota Bandung. Salah satu pasar modern yang menjadi sasaran ialah Lotte Mart Festival Citylink yang berada di Jalan Peta.

Dalam sidak itu, tim gabungan memeriksa sejumlah produk pangan segar seperti daging sapi, daging ayam, sayur, udang, dan buah-buahan.

"Dan hasil sidak pada hari ini, semua produk pangan segar yang dijual dalam kondisi aman dikonsumsi oleh masyarakat Kota Bandung. Karena terbukti tidak terindikasi ada kandungan bahan kimia berbahaya seperti boraks, formalin," ujar Kepada Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Bandung Elly Wasliah kepada wartawan di sela-sela sidak, Selasa (30/9/2014).

Selain memeriksa produk pangan segar, tim gabungan juga memeriksa beberapa produk makanan olahan seperti aromanis, kerupuk, dan ikan asin. Namun, semua sampel yang diuji negatif alias bebas dari zat-zat berbahaya.

"Hasilnya memang bagus. Yang diduga mengandung boraks negatif. Diduga mengandung zat pewarna sintetis juga negatif. Formalin juga negatif," katanya.

Elly mengatakan, sidak dilakukan untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat yang akan berbelanja di pasar modern. Sehingga, tidak lagi ada kekhawatiran bagi masyarakat tentang adanya produk-produk yang mengandung zat-zat berbahaya. "Intinya, masyarakat merasa nyaman saat berbelanja," tandasnya.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.5319 seconds (0.1#10.140)