Softskill Lulusan ITB Belum Memenuhi Ekspektasi Perusahaan

Rabu, 24 September 2014 - 16:41 WIB
Softskill Lulusan ITB Belum Memenuhi Ekspektasi Perusahaan
Softskill Lulusan ITB Belum Memenuhi Ekspektasi Perusahaan
A A A
BANDUNG - Softskill lulusan Institut Teknologi Bandung (ITB) belum memenuhi ekspektasi perusahaan . Jika dihitung menggunakan angka, perusahaan/industri membutuhkan softskill karyawannya itu minimai nilai 4.

Namun softskill atau biasa diartikan keterampilan seseorang yang berhubungan dengan bidang ilmunya, yang dimiliki lulusan ITB rata-rata hanya 3,5.

Setidaknya angka tersebut didapat hasil kajian Bidang Kesejahteraan dan Pengembangan Karakter Mahasiswa ITB selama 4 tahun terakhir ini.

Sekretaris Bidang Kesejahteraan dan Pengembangan Karakter Mahasiswa ITB, Eng Sandro Mihradi mengungkapkan, pihaknya sudah melakukan kajian terhadap kepusaan perusahaan dan industri yang di dalamnya ada lulusan ITB.

Hasilnya, ternyata masih ada gap di softskill-nya yang cukup besar. “Meskipun hard skill-nya sudah terpenuhi semuanya tapi softskill nya masih kurang,” ujar Sandro di sela-sela acara seminar "Leading Throught Action" yang diselenggarakan ITB dakn BCA di Kampus ITB, Rabu (24/9).

Dilanjutkannya, softskill itu di antaranya mencapai sisi komunikasi, attitude, dan leadhersip. "Ini yang kami temukan di lapangan berdasarkan survei yang kami lakukan. Sebenarnya nilai softskill sudah cukup, tapi belum memenuhi ekspektasi perusahaan. Karena idealnya softskill itu memiliki nilai 5, minimal 4. Sementara lulusan ITB rata-rata 3,5. Sudah cukup tapi harus ditingkatkan," tegasnya.

Kajian yang dilakukannya itu tersebar di 60-70 perusahaan. Rata-rata adalah perusahaan swasta di berbagai bidang, seperti amanufaktur, jasa, dan industri.

Kajian menggunakan kuosioner yang disebar ke setiap perusahaan. Sementara setiap tahunnya jumlah lulusan ITB mencapai 3.000 orang.

Untuk itu dengan adanya seminar leadership ini bisa meningkatkan sisi atau nilai leadhersip gereasi muda, khususnya ITB.
(ilo)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6281 seconds (0.1#10.140)