Suparto, Tukang Tambal Ban Sepeda yang Bisa Naik Haji

Senin, 08 September 2014 - 13:46 WIB
Suparto, Tukang Tambal Ban Sepeda yang Bisa Naik Haji
Suparto, Tukang Tambal Ban Sepeda yang Bisa Naik Haji
A A A
SOLO - Jika berusaha dengan sungguh sungguh pastilah mendapatkan hasil. Ungkapan ini seperti dialami Suparto (65) kakek penambal ban asal Solo yang berangkat haji di tahun ini.

Teriknya matahari tak menyurutkan niat Suparto menyelesaikan pekerjaannya menambal ban sepeda. Ya inilah kesibukan Suparto seorang tukang tambal ban asal Solo yang akhirnya bisa naik haji pada tahun ini.

Dengan tekun sejak tahun 1997, Suparto merintis usaha menambal ban di depan rumahnya di kawasan Kadipiro, Banjarsari, Solo. Di tahun 2008 Suparto yang berprofesi sebagai penambal ban mempunyai keinginan untuk naik haji.

Meski berpengasilan yang pas pasan justru membuat semangat Suparto semakin bulat untuk menunaikan ibadah haji. Ya dengan menyisihkan penghasilannya sebesar Rp5 ribu.

Usaha yang dilakukan Suparto tidak hanya itu saja dirinya juga selalu berdoa agar bisa naik haji. Sejak saat itulah usaha Suparto menjadi semakin lancar hingga setiap hari bisa menyisihkan uang sebesar Rp30 ribu.

Di tahun 2010 Suparto bertekad mendaftarkan diri untuk naik haji, saat itu ongkos naik haji adalah Rp25 juta.

Meski uang Rp25 juta belum terkumpul Suparto terus berusaha hingga akhirnya menjadi salah satu calhaj kelompok penerbangan (Kloter) 55 dari Solo yang akan berangkat pada Minggu 21 September dengan melunasi kekurangan hingga memenuhi ongkos sebesar Rp34,5 juta.

Menurut Suparto, pada tahun 2010-2011 dia bisa melayani 15-20 pelanggan per hari, namun dua tahun terakhir pria ini hanya bisa melayani maksimal 12 pelanggan per hari.

Suparto berharap uang yang dikumpulkannya ini akan membawa dirinya mengantar menjadi haji yang mabrur.

Perjalanan dan keuletan Suparto ini patut diteladani hingga menjadi inspirasi bagi calon haji lain.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7859 seconds (0.1#10.140)